Atasi Hama Tikus dengan Pestisida Nabati

Post On: October 14, 2014
By: usahabudidaya

Hama yang sering menggangu dalam usaha pertanian adalah hama tikus. Hama tikus sawah juga menjadi hama utama untuk tanaman padi. Serang hama tikus menyerang mulai dari fase tumbuh, panen sampai dengan penyimpanan hasil pertania. Jika serangan hama tikus tidak diatasi bisa menyebabkan gagal panen.

Untuk mengatasi serangan hama tikus bisa menggunakan Pestisida Nabati. Karena bersifat nabati tentunya lebih aman dibandingkan dengan pestisida sintetis (kimia), Pestisida Nabati bisa didapat dari bahan alami yang mudah ditemukan disekitar kita.

hama tikus sawah

Keuntungan lain dari menggunakan pestisida nabati untuk mengatasi hama tikus adalah ramah lingkungan, ongkos produksi mudah dan yang pasti tidak menyebabkan hama menjadi resisten ( kebal ). Untuk mendapatkan hasil yang maksimal penanganan hama tikus dengan pestisida nabati harus dilakukan secara teratur karena sifanya yang tahan lama. Dalam menggunakan pestisida nabati tidak bersifat instan tetapi bersifat lambat dan penggunaan estisida nabati tidak langsung membunuh hama.

Untuk membuat pestisida nabati untuk hama tikus padi bisa menggunakan tanaman cabai, buang jengkol dan buah papaya tua.

Pestisida Nabati Dari Bahan Tanaman Cabai

Cabai bisa dimanfaatkan sebagai pestisida nabati karena memiliki kandungan minyak atsiri, piperin dan piperidin yang berfungsi sebagai repellent dan mengganggu preferensi makan hama. Dengan demikian hasil rendaman cabai dengan air yang disemprotkan pada tanaman padi akan membuat hama tikus berkurang nafsu makanya.

Membuat pestisida nabati dari cabai

  • Haluskan cabai bisa ditumbuk atau diblender
  • Rendam dengan air selama satu malam
  • Saring air rendaman dan bisa langsung disemprotkan ke tanaman padi

Pestisida Nabati Dari Bahan Buah Pepaya Tua

Buah pepaya tua bisa menjadi racun bagi hama tikus sawah. Hal ini karena buah papaya memiliki kandungan bahan aktif papain yang dapat digunakan sebagai rodentisida

Membuat pestisida nabati dari buah papaya tua

  • Pilih buah pepaya yang sudah tua tapi belum matang
  • Kupas dan potong kecil-kecil
  • Potongan buah pepaya bisa langsung disebar di sawah dilokasi yang biasa dilewati hama tikus.
  • Saring air rendaman dan bisa langsung disemprotkan ke tanaman padi

Catatan : dalam pembuatan disarankan menggunakan sarung tangan agar tidak meninggalkan bau manusia di buah pepaya

Pestisida Nabati Dari Bahan Buah Jengkol

Pada buah jengkol mengandung kandungan minyak atsiri, saponin, alkaloid, terpenoid, steroid, tannin, glikosoda, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor dan vitamin. Kandungan tersebut berfungsi sebagai repellent dan mengganggu preferensi makan hama.

Membuat pestisida nabati dari buah jengkol

  • Kupas bersih buang jengkol baik kulit luar maupun kulit ari
  • Lalu rendam kupasan jengkol dengan air dengan perbandingan 1 kg jengkol dengan 10 liter air selama 24 jam -36 jam atau ketika hasil rendaman sudah mengeluarkan bau menyengat yang bisa mengusir hama tikus.
  • Cairan rendaman bisa langsung disemprotkan pada tanaman padi atau diletakan pada area yang sering dilewati hama tikus. Aroma rendaman jengkol ini juga bisa digunakan untuk mengusir burung penyerang tanaman padi.

Sekian tips dan cara mengatasi hama tikus pada tanaman padi menggunakan pestisida nabati yang ramah lingkungan dan tentunya murah.  

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>