Bibit Kelapa Kopyor Unggul

0
8

bibit kelapa kopyor

Tertarik ingin melakukan budidaya kelapa kopyor, awal mula yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bibit kelapa kopyor unggul yang sesuai dengan lingkungan tempat menanam kelapa kopyor tersebut. Dengan menggunakan bibit unggul menjadi kunci sukses dapat menghasilkan pohon kelapa yang sehat dan dapat menghasilkan kelapa kopyor yang banyak.

Pemerintah melalui Balitbangtan (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian) telah berhasil menghasilkan beberapa bibit kelapa kopyor unggul, antara lain  Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor, Kelapa Genjah Hijau Kopyor dan Kelapa Genjah Kuning Kopyor.  Setiap jenis bibit kelapa kopyor tersebut memiliki keungulan yang berbeda-beda.

Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor

Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor memiliki kemampuan beradaptasi dilahan kering beriklim basah dengan ketingggihan sampai 300 m dpl. Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor menghasilkan karakteristik buah dengan lingkar pola 49 cm, lingkar equatorial 43 cm, kadar minyak 8% bobot basah, warna kulit buah kuning.

Varietas Kelapa Genjah Coklat Kopyor ini dapat dipanen pada umur 48 bulan, dengan bobot buah 1,1kg, Dalam satu pohon mampu berbuah 80-150 butir dengan ukuran sedang tipe daging tipis dan tebal.

Varietas Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Varietas Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Kelapa Genjah Hijau Kopyor bisa tumbuh dan beradaptasi di lahan kering iklim basah dengan ketinggihan hingga 300 m dpl. Kelapa Genjah Hijau Kopyor memiliki karakteristik buah lingkar polar 51 cm, lingkar equatorial 42 cm, kadar minyak 8,2-8,4%, dan warna kulit buah hijau.

Kelapa Genjah Hijau Kopyor berumur genjah dapat dipanen setelah 48 bulan. Bobot buah utuh 1,1 kg dan mampu menghasilkan 120-140 buah perpohon. Jenis kelapa ini sering digunakan untuk obat.

Varietas Kelapa Genjah Kuning Kopyor

Varietas Kelapa Genjah Kuning Kopyor

Kelapa Genjah Kuning Kopyor bisa beradaptasi pada lahan kering iklim basah dan ketinggian hingga 300 m dpl.Kelapa Genjah Kuning Kopyormemiliki karakteristik buah lingkar polar 52 cm, lingkar equatorial 42 cm dan kadar minyak 9,2% bobot basah.

Kelapa Genjah Kuning Kopyor memiliki keunggulan berumur genjah, dapat dipanem umur 48 bulan, dengan buah berbobot 1,2 kg dan mampu menghasilkan 100-120 buah per pohon. Kelapa Genjah Kuning Kopyor menghasilkan buah sedang tipe daging tipis dan tebal.

Harga dari ketiga varietas unggul kelapa kopyor ini berfariasi mulai dari Rp.25.000 hingga Rp.100.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here