Budidaya Bunga Sedap Malam

Post On: January 13, 2014
By: usahabudidaya

Cara Budidaya Bunga Sedap Malam – Bunga sedap malam banyak dicari karena memiliki bentuk yang cantik dan memiliki bau yang sangat harum. Sayangya peningkatan permintaan pasar terhadap bunga sedap malam ini tidak diimbangi dengan peningkatan produksi bunga. Hal ini membuat budidaya bunga sedap malam masih berpotensi / berpeluang besar.Dari segi teknis budidaya bunga sedap malam tidaklah terlalu susah, perawatannya pun cukup mudah dan umurnya yang panjang.

Bunga sedap malam (Polianthes tuberosa) yang paling banyak dibudidaya adalah jenis Roro Anteng (berbunga semi ganda). Bunga Sedap Malam Roro Anteng sendiri merupakan varietas unggul nasional dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Ada juga bunga sedap malam berbunga ganda dari Cianjur yang dilepas oleh Balai Penelitian Tanaman Hias bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur sebagai varietas unggul nasional dengan nama Dian Arum.

bunga sedap malam

Cara Budidaya Bunga Sedap Malam

Syarat Tumbuh Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam sangat bagus dibudidaya di dataran rendah dengan ketinggian antara 600m – 1.500m dari permukaan laut. Bila sedap malam berbunga tunggal dan semi ganda ditanam di dataran sedang, maka hasil bunga akan memiliki tangkain yang agak panjang tidak kokoh dan kurang kekar serta malai bunga agak panjang dan bagian ujung malai terkulai dengan jumlah kuntum bunga lebih sedikit. Sehingga Kualitasnya menjadi jelek dan tidak layak untuk dijual.

Penyiapan Bibit / Benih Sedap Malam

Setelah kita memiliki lahan yang cocok untuk budidaya sedap malam, kita siapkan bibit. Bibit Sedap malam berupa umbi yang diambil dari rumpun induk yang berusia lebih dari 1,5 tahun. Ukuran umbi sebagai benih/bibit sebesar 1-2 cm dan sudah dikeringkan selama 2-3 minggu. Setelah dieringkan umbi disimpan terlebih dahulu 1-2 bulan, hal ini bertujuan agar ketika ditanam tunas cepat keluar.

Penanaman Bibit Bunga Sedap Malam

Sebelum melakukan penanaman, lahan harus digemburkan dibuat bedengan. Taburkan pupuk kandang ke atas bedengan secara merata, Antara bedengan satu dengan yang lainnya dibuat parit untuk drainase. Proses penanaman dengan cara buat lubang tanam sedalam tinggi bibit, atur jarak tanam 30 cm antar barisan dan 25 cm dalam barisan. Beri pupuk urea dan siram sampai cukup basah.

Perawatan Tanaman Bunga Sedap Malam

Proses perawatan tidak berbeda dengan tanaman bunga lainya, cukup disiriam pada pagi dan sore hari, untuk pemupukan menggunakan campuran pupuk UREA dan TSP dengan perbandingan 50 : 50 dan dilakukan setelah tanaman berumur 6 bulan.

Panen Bunga Sedap Malam

Umumnya tanaman sedap malam akan berbunga pada umur 4-5 bulan setelah tanam. Panen bunga sebagai bunga potong dilakukan saat satu atau dua kuntum bunga telah mekar. Pemanenan dilakukan dengan cara memotong tangkai bunga dengan gunting atau menarik tangkai bunga hingga terlepas dari rumpun tanaman. Masa produktif tanaman sedap malam mencapai umur 2 tahun setelah tanam. Setiap rumpun tanaman dapat menghasilkan bunga 3 – 5 tangkai bunga potong.

Demikian cara budidaya bunga sedap malam mulai dari syarat tumbuh, penyiapan bibit, penyiapan lahan, penanaman umbi hingga panen. Semoga bisa membantu anda yang ingin memulai usaha budidaya bunga sedap malam.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *