Budidaya dan Ternak Tikus Putih Mencit Lengkap

Post On: November 17, 2014
By: usahabudidaya

tikus putih

Ternak Tikus Putih – Tikus identik dengan hama dan menjadi musuh nomor satu petani, berbeda dengan tikus pada umumnya, tikus putih memiliki peluang bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan.  Tikus putih atau mencit ini banyak dicari untuk pakan reptile dan juga sering digunakan untuk praktek kedokteran.

Sebelum mulai bisnis tikut putih / mencit kita akan membahas secara lengkap langkah-langkah budidaya dan ternak tikus putih. Dalam ternak tikus putih tidak terlalu mudah dan seperti tikus pada umumnya tingkat produktifitas sanggat tinggi atau tikus putih gampang beranak pinak sehingga dapat dipanen setiap 1 bulan sekali. Sebagai gambaran setiap indukan tikus putih mampu beranak sebanyak 12 ekor dengan masa kehamilan hanya 20 hari. Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tikus putih ini adalah kebersihan kandang untuk mencegah mencit terserang penyakit.

Cara Ternak Tikus Putih

Kandang untuk Tikus Putih

kandang tikus putih

Langkah awal dalam berternak tikus putih adalah menyiapkan kandang tikus sebagai media budidaya. Kandang tikus paling sederhana bisa mengginakan ember bekas, wadah plastik atau box plastik dengan diberi tutup kawat stremin pada bagian atasnya agar tikus tidak kabur.  Untuk alas bisa diberi alas berupa sekam,kertas, serbuk gergaji atau bisa juga dengan zeolit aktif yang bertujuan untuk menyerap bau.

Langkah Ternak Tikus Putih

  • Kandang yang sudah disiapkan tadi diberi alas sekam,kertas,atau serbuk gergaji dan diberi tempat minum. Untuk tempat minum bisa menggunakan botol bekas atau menggunakan tempat minum hamster
  • Tempat budidaya harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar tidak mudah baud an pengap
  • Untuk indukan bisa menggunakan tikus putih berumur lebih dari 2 bulan, dengan dalam 1 kandang berisi 4 betina dan 1 jantan.
  • Untuk pakan bisa diberi pakan ayam (pellet). Sedangkan untuk indukan bisa diberi tauge setiap satu minggu sekali.
  • Setelah satu minggu amati indukan tikus putih jika ada yang hamil bisa dipisah ke kandang khusus, hal ini bertujuan agar anak tikus tidak dimakan indukan atau pejantan lain.
  • Tikus dapat dijual ketika sudah berumur 4 minggu
  • Untuk perawatan cukup mudah lakukan pemeriksaan air minum dang anti serbuk kayu setiap 1 minggu sekali atau bisa juga 3 hari sekali tergantung tingkat kotor kandang.

Tikus putih dipasaran dijual mulai dari Rp 2.500/ekor untuk tikus umur 1 bulan sedangkan harga indukan tikus putih dijual seharga Rp.5.000/ indukan. Demikian cara budidaya dan ternak tikus putih atau mencit.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *