Budidaya Durian : Tips Pohon Durian Cepat Berbuah

Post On: August 5, 2015
By: usahabudidaya

Cara agar pohon durian cepat berbuah – Memiliki pohon durian yang cepat berbuah pasti menjadi idalam semua pembudidaya atau petani durian. Untuk menghasilkan pohon durian yang cepat berbuah pemilihan bibit yang unggul dan perawatan berkala perlu dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur dan cepat berbuah.

Untuk menghasilkan pohon yang cepat berbuah pemilihan bibit harus dari bibit hasil vegetative seperti okulasi / penyambungan, dengan bibit ini jika perawatan dilakukan dengan baik pohon durian akan mulai berbuah pada umur 4 – 5 tahun dari penanaman. Jika menggunakan bibit yang berasal dari biji, tanaman akan mulai berbuah lebih dari 10 tahun.

Selain pemilihan jenis bibit ada beberapa faktor yang dapat mempercepat tanaman durian cepat tumbuh dan berbuah, antara lain faktor pemupukan, faktor jenis tanah, faktor pencahayaan, faktor penyiraman, faktor penyerbukan dll. Berikut ini tips untuk mempercepat pohon durian cepat berbuah.

Tips Agar Tanaman Durian Cepat Berbuah

  • Pemilihan Bibit Durian

Seperti yang sudah dijelakan diatas, bibit durian yang baik dan cepat berbuah adalah bibit durian dari hasil vegetative seperti okulasi / penyambungan. Kini juga sudah banyak dikembangkan bibit durian berkaki ganda yang sudah terbukti pertumbuhanya lebih cepat dibanding bibit kaki tunggal.

  • Tanaman / Pohon Durian Harus Terkena sinar matahari Full

Lokasi lahan penanaman pohon durian harus dilahan terbuka agar pohon mendapat sinar matahari secara penuh (8-12 jam / hari).  Dengan sinar matahari yang full ini akan membantu proses

  • Jenis Tanah dan Pemupukan

Seperti yang sudah banyak dibahas diberbagai buku budidaya durian dan diberbagai website, tanaman durian paling bagus di tanah lempung berpasir yang gembur dan banyak mengandung unsur hara. Untuk tanah yang terlalu liat pertumbuhan bibit akan sulit berkembang hal ini karena pertumbuhan akar yang terhambat. Untuk mengatasi tanah yang terlalu liat bisa dengan mengolah sebelum penanaman dengan membuat lubang tanama 2x2m dan diisi dengan tanah, pupuk kandang dan kompos sehingga tanah menjadi subur dan gembur.

Pemupukan juga merupakan faktor yang sangat penting, hal ini agar tanaman tidak kekurangan kandungan unsur mikro, seperti Zn, Fe, Mg, dan Ca. Pemupukan bisa menggunakan pupuk kotoran kambing maupun pupuk kimia yang diberikan secara berkala.

  • Penyiraman

Bibit yang baru ditanam memerlukan banyak air oleh karena itu penyiraman dapat dilakukan pada pagi dan sore hari, karena pada awal memerlukan air yang cukup banyak penanaman bibit durian paling pas dilakukan pada awal musim hujan. Untuk tanaman yang sudah besar penyiraman dapat dilakukan  2-3 kali dalam seminggu. Kekurangan air pada pohon yang sudah berbuah dapat menyebabkan bakal buah durian rontok.

  • Penyerbukan Pohon Durian

Kasus yang sering muncul ditanaman durian adalah bunga rontok sehingga pohon gagal berbuah. Hal ini bisa terjadi karena proses penyerbukan yang gagal, oleh karena itu bisa dilakukan penyerbukan buatan. Penyerbukan buatan bisa dilakukan pada malam hari ketika bunga mekar sempurna.

Demikian berbagai faktor yang harus diperhatikan agar pohon durian Anda dapat cepat berbuah, Pastikan sebelum membeli bibit pilih bibit hasil okulasi dan bibit unggul agar cepat berbuah. Salam budidaya.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *