Budidaya Ikan Bandeng Terus di Optimalkan

0
6
tambak budidaya ikan bandeng

tambak budidaya ikan bandeng

Pemerintah melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan (KPP) terus berupaya meningkatkan budidaya ikan bandeng di Karawang. Alasan mendorong budidaya ikan bandeng karena untuk melakukan budidaya tidak membutuhkan modal yang besar dan juga permintaan kebutuhan ikan bandeng masih cukup tinggi.

Ikan bandeng baik bandeng segar maupun olahan sangat digemari karena harga yang relative terjangkau di semua kalangan masyarakat dan juga kandungan gizi yang cukup tinggi. Dalam melakukan budidaya bandeng pun cukup mudah dan bisa meningkatkan pendapatan bagi masyarakat pesisir.

Menurut Kementrian Kelautan dan Perikanan (KPP), bandeng merupakan salah satu komoditas unggulan program industrialisasi perikanan budidaya. Untuk mendukung program tersebut perlunya ada pemberian nilai tambah dan peningkatan efisiensi pengelolaannya.

Untuk meningkatkan keuntungan, KPP juga merekomendasikan untuk melakukan budidaya bandeng dengan spesies lain, seperti budidaya bandeng digabung dengan udang, budidaya bandeng dengan rumput laut gracilaria atau menggabungkan ketiganya dalam 1 tambak sehingga meningkatkan keuntungan dan juga efisiensi penggunaan pakan. Pemerintah juga bakalan membantu bagi petambak yang tambaknya rusak karena banjir dengan memberikan bantuan benih ikan bandeng.

Data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat hasil budidaya bandeng nasional pada tahun 2012 mencapai 518,9 ribu ton dan pada tahun 2013 meningkat 108 ribu ton menjadi  626,9 ribu ton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here