budidaya jahe merah dalam polybag

Post On: March 26, 2014
By: usahabudidaya

bibit jahe merahUsaha budidaya jahe merah nampaknya semakin digemari, dengan modal sedikit dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.  Kali ini usahabudidaya.com akan membahas cara budidaya jahe merah memanfaatkan lahan sempit dengan media tanam menggunakan polybag atau memanfaatkan karung bekas.

Sekarang ini sudah mulai banyak orang menjual bibit jahe merah untuk harga mulai dari Rp.2500 sampai Rp.5000 per bibit. Jika ingin lebih menghemat anggaran anda bisa menyemai jahe merah sendiri karena tidak terlalu sulit.

Menyiapkan Media Tanam Jahe Merah

Sebelum melakukan pembibitan terlebih dahulu kita siapkan media tanam. Media tanam tidak jauh berbeda dengan tanaman lainya, yaitu tanah atau sekam dan dicampur dengan pupuk kandang

Pembibitan Jahe Merah

Proses pembibitan jahe merah diawali dengan pemilihan rimpang jahe merah sebagai bibit. Sebaiknya menggunakan jahe merah yang sudah tua (kurang lebih umur 10 bulan). Selanjutnya sebelum disemai bibit harus dibebaskan dari virus penyakit dengan cara potongan bakal bibit tersebut dikemas ke dalam karung  lalu dicelupkan dalam larutan PHEFOC (Pestisida Herbisida E Fungisida O C) selama 15 menit lalu keringkan. (Larutkan 1 tutup PHEFOC ke dalam 14 liter air, tambahkan 2 sendok makan gula pasir, diamkan selama 15 menit, larutan PHEFOC telah siap untuk digunakan).

Rendam kembali dengan zat pengatur tumbuh SOT sekitar 6 jam. ( Larutkan 5 tutup SOT dengan 14 liter air, tambah 2-3 sendok makan gula pasir, diamkan terlebih dahulu selama 15 menit), larutan siap digunakan. Setelah perendaman lalu tiriskan sampe kering. Benih telah siap disemaikan.

Penanaman Bibit Jahe Merah

Dalam penanaman tidak ada cara khusus, siapkan media tanam dan polybag atau karung bekas. Setelah ditanam siram secukupnya dan jangan langsung diletakan pada ruangan terbuka. Setelah umur lebih 2 bulan bisa ditempatkan ke ruangan terbuka karena tanaman jahe merah ini akan bagus jika ditempatkan di ruangan terbuka dengan intesitas sinar matahari yang cukup tinggi.

Untuk tanaman jahe merah perawatan cukup dilakukan penyiraman setiap hari dan pemberian pupuk setiap 2 bulan sekali.  Dan setelah umur 10 bulan tanaman jahe merah ini sudah dapat dipanen.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *