BUDIDAYA MANGGA KIO JAY : Mangga Jumbo dari Thailand

0
5

mangga kio jayBudidaya Mangga Kio Jay – Mangga kio jay merupakan mangga unggulan yang berasal dari Thailand. Jenis mangga ini mampu menghasilkan buah dengan ukuran super jumbo dan rasa yang manis, harum dengan biji yang kecil. Bahkan jenis mangga kio jay ini dikenal dengan mangga arum manis dalam ukuran jumbo. Mangga Kio Jay ini memiliki ukuran buah yang super besar bobot buah berkisar 1 kg sampai 2 kg.

Budidaya Mangga Kio Jay

Jenis mangga kio jay ini sangat cocok dibudidayakan di Indonesia, paling cocok dibudidayakan di dataran rendah dengan cuaca panas. Dari segi perawatan jenis mangga ini juga sangat mudah tidak berbeda dengan jenis mangga lainya. Dan bagi penggemar tanaman buah dalam pot (tabulampot) pohon mangga kio jay dapat ditanam dalam pot. Jika ditanam ditanah atau metode tanam konvensional mangga kio jay ini bisa dipanen secara maksimal pada umur 2 – 3 tahun pasca penanaman. Sedangkan jika ditanam dalam pot bisa lebih cepat dengan catatan dilakukan perawatan dan pemupukan secara berkala.

Untuk perawatan mangga kio jay ini sangat mudah dan tidak perlu dilakukan perawatan khusus, yang terpenting pohon harus mendapat sinar matahari yang cukup. Penyiraman cukup dilakukan setiap sore hari dan pemberian untuk penambahan nutrisi bisa dilakukan tiap dua minggu.

Bibit Mangga Kio Jay

Untuk mendapatkan bibit yang unggul dan cepat berbuah dalam pembibitan bisa menggunakan dengan cara okulasi maupun sambung pucuk.

Untuk metode okulasi ini dengan cara mengawinkan batang bawah dari bibit mangga lokal dengan batang atas dengan mata tunas mangga kio jay. Sedangkan metode sambung pucuk berarti menyambung potongan bagian bawah bibit pohon mangga lokal dengan batang pucuk bibit pohon mangga kio jay. Untuk menghasilkan bibit mangga kio jay dengan kedua metode tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan.

Dengan perawatan yang mudah dan kualitas buah yang bagus, budidaya Mangga kio jay ini masih sangat bagus prospeknya. Jika tertarik ingin mendapatkan bibit mangga kio jay bisa hubungi kami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here