Budidaya Udang Galah Air Tawar

Post On: August 21, 2014
By: usahabudidaya

kolam udang galahBudidaya Udang galah air tawar – Udang galah air tawar (Macrobrachium rosenbergii de man) memiliki potensi nilai ekonomis cukup tinggi baik pasar local maupun pasar ekspor. Harga jual udang galah dipasaran saat ini Rp 72.000 per kg sedangkan harga bibit udang galah seharga Rp 70 per ekor.

Kolam Budidaya udang Galah

Langkah awal dalam melakukan budidaya udang galah air tawar ini adalah mempersiapkan lokasi untuk kolam budidaya. Tentunya lokasi kolam harus dekat dengan sumber air yang bersih. Jenis kolam bisa menggunakan kolam tambak, kolam terpal maupun kolam semen, yang penting kualitas air harus selalu dijaga. Jika menggunakan kolam tambak sangat dianjurkan dibuat pada jenis tanah liat berpasir, kolam dibuat pada ketinggian 0-700 meter dpl. Debit air yang dianjurkan 0,5-1 liter per detik untuk luasan kolam 300-1.000 m2.

Hal-hal lain yang juga harus diperhatikan pada kualitas air antara lain :

  • Menerima cahaya matahari yang cukup
  • Mengandung mineral-mineral yang cukup
  • Mengandung Kadar oksigen terlarut sekitar 5-7 ppm.
  • Mengandung gas karbondioksida yang cukup (kurang dari 2 ppm)
  • Mempunyai temperature yang ideal untuk proses hidup dan pertumbuhan udang galah

Pakan Udang Galah

Jenis pakan yang diberikan juga sangat berpengaruh dengan hasil panen nantinya, maka kita juga harus memperhatikan hal ini dalam budidaya udang galah air tawar, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Aspek kimia yaitu persyaratan kandunagn nutrisi makanan yang meliputi protein, karbohidrat, lemk, vitamin, dan mineral
  • Aspek fisik makanan, yaitu bentuk dan ukuran makanan, ketahanan dalam air, dan tehnik pengepakan
  • Aspek biologi yaitu nilai konversi makanan atau perbandingan jumlah makanan yang dikonsumsi dengan kemampuan makanan yang dikonsumsi dapat meningkatkan berat tubuh udang.
  • Aspek ekonomis yaitu kelayakan harga yang ditinjau dari segi kualitas maupun nilai makanan.

Penyakit dan Hama Udang Galah

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam budidaya udang galah ini tentunya kita harus mencegah hama dan penyakit. Jika melakukan budidaya dengan model kolam tambak / kolam hama yang sering terjadi adalah ikan-ikan liar yang masuk tanpa sengaja seperti ikan gabus, lele dan lain-lain. Selain itu yang kerap terjadi adalah lumut. Untuk mencegah hal tersebut perlu dibuat pintu pemasukan dan pengeluaran air kolam berupa hapa yang terbuat dari jaring dengan mesh size 0,2 mm. Sedangkan untuk mengatasi lumut agar udang terhindar dari penyakit kulit bisa diatasi dengan dipasang kincir air di tambak

Dalam proses pembesaran diperlukan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebagai berikut :

  • Pengambilan contoh untuk pengujian kesehatan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) dilakukan secara acak dengan jumlah udang sesuai dengan kebutuhan untuk pengamatan visual maupun mikroskopik.
  • Pengamatan visual dilakukan untuk pemeriksaan adanya gejala penyakit dan kesempurnaan morfologi udang galah (Macrobrachium rosenbergii) .
  • Pengamatan mikroskopik dilakukan untuk pemeriksaan jasad pathogen (parasit, jamur, virus dan bakteri) di laboratorium.

MASA PANEN UDANG GALAH

Udang galah air tawar bisa dipanen setelah 5-6 bulan untuk panen perdana. Selanjutnya udang galah bisa panen bisa dilakukan lima kali dalam setahun. Biasanya panen perdana hanya akan mendapatkan hasil yang sedikit tetapi dipanen berikutnya (2-3 minggu dari panen pertama) hasil panen bisa mencapai dua kali lipat dari panen pertama. udang galah dapat mulai dijual setelah mencapai ukuran 20 – 25 gram/ekor, tetapi semakin besar ukuran udang harganya juga semakin mahal.

Demikian sedikit ulasan cara budidaya pembesaran udang galah, semoga membantu anda dalam melakukan budidaya udang galah. salam budidaya.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>