Cara Budidaya Tanaman Kentang

Post On: December 11, 2013
By: usahabudidaya

kentangKentang merupakan salah satu dari sepuluh komoditas penting tanaman hortikultura di Indonesia. Ada beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman secara umum yaitu, jenis tanaman, iklim, tanah, hama penyakit dan gulma. Jika anda ingin melakukan budidaya kentang berikut faktor-faktor yang harus anda perhatikan untuk menghasilkan kentang dengan hasil maksimal.

Syarat tumbuh Tanaman Kentang

Seperti tanaman yang lain, kentang membutuhkan syarat tumbuh yang sesuai untuk dapat berproduksi dan berpoduktivitas dengan maksimal. Kentang dapat tumbuh dengan baik pada suhu sejuk dan kelembaban tinggi. Tanaman kentang paling baik ditanam ditanah yang gembur, tanah yang gembur dengan pH antara 5-5,5, kentang dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian > 500dpl, namun ketinggian yang optimal untuk pertumbuhan tanaman kentang adalah pada ketinggian antara 1000-3000 meter di atas permukaan laut. Ketinggian tempat ini berimbas pada suhu dan kelembapan udara.

Persiapan lahan Tanaman Kentang

Persiapan lahan penamanan kentang sangat diperlukan. Tanaman kentang menghendaki tanah yang gembur dan tidak lembab. Pembuatan bedengan pada pertanaman tanaaman kentang dilakukan karena tanaman kentang tidak menghendaki tergenang oleh air.

Bahan tanam Tanaman Kentang

Pada dengan budidaya yang yang lain, salah satu penentu hasil dari tanaman yang dibudidayakan adalah faktor bibit, tentunya jika menggunakan bibit yang baik akan menghasilkan produksi tanaman yang baik pula. Kebutuhan bibit kentang adalah 1200-1500 kg/ha dengan berat umbi rata-rata 30-40 gram/ umbi.

penanaman Tanaman Kentang

Tanaman kentang tidak perlu persemaian untuk bibitnya, jika setelah dilakukan sortasi bibit dan kemudian disimpan maka beberapa waktu kemudian akan muncul titik-titik tumbuh yang menjadi salah satu tanda bibit sudah siap untuk ditanam. Bibit dapat langsung ditanam dilahan yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Waktu tanam kentang yang baik adalah pada akhir musim hujan (sekitar bulan April atau Mei), tetapi apabila ingin menanam pada awal musim hujan (sekitar bulan Oktober atau November) diusahakan pada waktu musim turun hujan usia tanaman kentang sudah berumur dua bulan dan umbinya sudah cukup besar. Begitupun dengan angin yang kencang tidak baik untuk pertumbuhan tanaman kentang, karena batang tanaman kentang akan patah.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>