Cara Membedakan Parkit jantan dan betina

Post On: December 29, 2015
By: usahabudidaya

Membedakan Parkit jantan dan betina РTertarik membudidayakan atau ternak burung parkit? Langkah awal yang anda harus ketahui adalah bagaimana cara untuk membedakan burung parkit antara jantan dan betina sehingga dalam penjodohan berjalan lancar.  Membedakan jenis kelamin burung parkit ternyata cukup mudah, untuk membedakan jenis kelamin dapat dibedakan berdasarkan warna pada hidung parkit atau disebut juga sebagai cere.

Jika usia burung parkit sudah dewasa pada burung parkit jantan warna hidung atau cere akan berwarna biru tua mengkilap. Sedangkan pada burung parkit betina cere berwarna keputihan atau cokelat muda.Sedangkan untuk membedakan burung parkit muda lebih sulit karena warna cere hampir sama tetapi jika diamati secara detail maka pada jantan akan terlihat sedikit warna kebiruan mesti samar-samar.

membedakan parkit jantan dan betina

Warna biru atau biru keunguan berlaku untuk semua jenis parkit jantan kecuali untuk jenis Resesif pied, lutino / albino, clear mata hitam, lacewing dan fallow memiliki cere yang berwarna ungu cerah atau merah muda

Jenis kelamin pada burung parkit juga bisa dilihat dari tingkah laku burung tersebut. Untuk burung parkit jantang memiliki ciri lebih aktif, lebih gacor atau lebih sering bernyanyi, dan biasanya sering bob kepala mereka.

Sedangkan untuk burung parkit betina memiliki prilaku yang snitty dan bossy terhadap parkit lainnya yang ada di dalam kandang dan jarang bernyanyi.

Demikian sedikit ulasan mengenai membedakan jenis kelamin burung parkit, jika ada permasalahan burung parkit yang dijodohkan tidak kunjung bertelur kemungkinan itu karena usia parkit terlalu muda, untuk diternakan usia parkit minimal di usia 6 bulan sudah bisa dijodohkan dan ketika usia 7 bulan burung parkit memasuki masa birahi dan siap dikawinkan.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *