Cara Merawat Cucak Ijo agar Gacor

0
5

Cucak Ijo Kalimantan gacor

Merawat Cucak Ijo agar Gacor – Burung cucak ijo merupakan jenis burung kicau yang paling banyak dipelihara baik hanya sebatas hobi maupun dipelihara untuk dilombakan. Peminat akan burung berwana hijau ini juga terus meningkat, hal ini juga diikuti dengan semakin banyak lomba / kontes burung kicau yang menandingkan kelas cucak ijo. Baik untuk lomba maupun hanya hobi tentu saja para pemilik menginginkan burung cucak ijo yang dipeliharanya rajin berkicau / gacor, oleh karena itu usahabudidaya.com akan memberikan beberapa tips agar burung kesayangan anda menjadi rajin berkicau.

Jenis cucak ijo yang gacor atau rajin berkicau tentu saja cucak ijo jantan.  Untuk membedakan cucak ijo jantan atau betina bisa dibaca di artikel sebelumnya “Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan / Betina”.

Berikut ini tips mudah merawat burung cucak ijo agar rajin berbunyi (gacor)

  • Agar rajin berkicau kebersihan kandang dan burung perlu dijaga. Oleh karena itu burung perlu dimandikan setiap pagi baik dengan cara di semprot maupun dengan mandi keramba.
  • Setelah burung dimandikan lakukan penjemuran selama 1 jam dan setelah dijemur dimatahari langsung lebih baik diangin anginkan di tempat yang teduh.
  • Untuk makan bisa diberi pisang kapok putih atau jika sudah ngevoer bisa diberi voer berkualitas. Untuk makanan tambahan bisa diberi jangkrik, untuk pagi hari bisa diberi 3-4 ekor jangkring setelah dimandikan dan sore diberi 2-3 jangkrik, selain itu bisa juga diganti dengan ulat hongkong dan kroto sebagai variasi.
  • Untuk air minum burung diusahakan diganti setiap hari, dan diusahakan menggunakan air minum mineral.
  • Untuk menghasilkan suara yang bagus dan bervariasi perlu dilakukan pemasteran baik dengan suara burung lain atau bisa juga rekaman suara / mp3 dari suara burung yang terbaik.
  • Dan yang tak kalah pentinnya adalah suasana sekitar burung harus nyaman bagi burung agar cucak ijo tidak stress.

Perawatan Cucak Ijo Sebelum dan pasca lomba

Untuk mempersiapkan burung cucak ijo sebelum bertanding di lomba kicau burung perlu dilakukan perawatan ekstra agar burung ketika lomba dalam keadaan vit. Perawatan khusus sebelum lomba dilakukan 3 hari sebelum perlombaan dan berikut ini perawatan burung cucak ijo sebelum perlombaan

  • Tiga hari sebelum lomba makanan extra diberi lebih yaitu 10 ekor jangkrik pagi dan 6 ekor sore
  • 1 hari menjelang lomba burung jangan terlalu lama dijemur cukup dijemur selama 30 menit saja
  • 1 jam sebelum dilombakan beri pakan jangkrik 3 ekor serta ulat hongkong 10-20 ekor.

Perawatan burung pasca lomba juga harus dilakukan hal ini bertujuan untuk memulihkan stamina burung setelah terkuras habis diperlombaan. Perawatanya adalah sebagai berikut

  • Pembelian extra food (ef) dikembalikan seperti semula / harian
  • Beri vitamin pada air minum
  • Penjemuran setelah perlombaan lebih baik kurang dari 30 menit saja dan minimal 3 hari.

Demikian tips lengkap merawat burung cucak ijo agar rajin berkicau / gacor, mulai dari perawatan harian, perawatan sebelum perlombaan dan perawatan burung cucak ijo setelah lomba. Catatan dengan mengikuti tips ini setiap burung tidak jaminan mendapatkan hasil yang sama hal ini karena untuk menghasilkan burung jawara banyak faktor yang mempengaruhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here