Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan / Betina

Post On: September 7, 2014
By: usahabudidaya

perbedaan cucak ijo jantan betinaMembedakan cucak Ijo jantan dan Betina – Burung cucak ijo atau cucak hijau merupakan salah satu dari sekian banyak burung kicau yang paling banyak dipelihara.  Burung cucak ijo ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Uniknya mesi menyandang nama cucak, cucak ijo ini bukan berasal dari keluarga merbah, dengan kata lain cucak ijo tidak satu suku dengan cucak rowo.

Untuk membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina pada cucak ijo dewasa sangat mudah, hal ini karena untuk membedakan jenis kelamin burung cucak ijo memiliki ciri fisik yang cukup mudah dikenali.  Tetapi jika cucak ijo masih muda/trotolan atau masih berumur 2-4 bulan ciri fisik belum kelihatan maka dalam membedakan harus lebih cermat.

Membedakan Jenis kelamin Cucak Ijo muda/trotolan

Pada Bagian Mata

Langkah pertama yang anda harus amati adalah pada bagian mata, untuk cucak ijo muda (berumur dibawah 4 bulan) pada lingkaran mata berwarna kuning untuk cucak ijo jantan dan putih untuk cucak ijo betina.

Pada Bagian Paruh

Langkah kedua amati pada bagian paruh bagian bawah, Jika bulu pada bagian paruh bawah berwarna coklat maka itu bakalan cucak ijo jantan dan jika berwarna putih berarti betina. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar dibawah ini

perbedaan cucak ijo jantan dan betina trotolan

Membedakan Jenis Kelamin Cucak Ijo Dewasa (up 6 bulan)

Untuk membedakan cucak hijau dewasa sangat mudah karena sudah memiliki cirri fisik yang sangat terlihat, ciri itu terdapat pada bagian leher, mata dan paruh. Untuk bagian mata pada jantan warna kuning akan berubah menjadi warna hitam, pada dagu dan leher akan berubah menjadi warna hijam juga sedangkan untuk betina akan berubah warna menjadi hijau.

Sekian sedikit tips dan trik mudah untuk membedakan jenis kelamin cucak hijau baik masih trotol maupun yang sudah dewasa.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>