Daun Singkong Bisa Jadi Makanan Ulat Sutera

Post On: October 23, 2014
By: usahabudidaya
In: Berita

sutra liarDaun Singkong Alternatif Makanan Ulat Sutera – Ternyata daun singkong bisa dugunakan untuk pakan / makanan ulat sutera. Hasil benang sutera yang dihasilkan juga tidak kalah dengan ulat sutera yang memakan daun murbei.

Budidaya ulat sutera liar dengan pakan daun singkong ini tengah digeluti oleh Eddy Saputra, seorang pengusaha dari Desa Pacung, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Bibit ulat sutera daun singkong didapat dari China dan sejak 2006 beliau merintis pembibitan ulat sutera dengan menyediakan lahan seluas satu hektare untuk ditanami singkong jenis mukibat. Sementara pembibitan ulatnya dilakukan di sisi belakang restoran Pacung Labagga, di kawasan Baturiti Bedugul

25 ekor ulat sutera dapat menghabiskan satu batang singkong. Tidak ada perbedaan yang menonjol antara ulat sutera yang memakan murbei dengan daun singkong, Proses pertumbuhan ulat sutra yang makanananya dari daun singkong ini pun tidak butuh waktu lama untuk bisa menghasilkan kokon atau kepompong. Telur-telur akan menetas menjadi ulat dalam waktu tujuh hingga sembilan hari. Kemudian dari ulat menjadi kokon butuh waktu 28 hari dan sudah bisa dipanen. Hasil dari sutra liar ini menghasilkan benang berwarna putih gading dan memiliki serat panjang yang tidak mudah putus.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>