Desain Kandang Sapi yang Baik dan Benar

Post On: January 9, 2016
By: usahabudidaya

Desain / Bentuk kandang sapi yang baik – Mau ternak sapi? Salah satu hal yang harus di ketahui agar sukses dalam ternak sapi adalah pembuatan kandang sapi yang baik yang benar sehingga sapi yang akan kita pelihara dapat tumbuh dengan sehat. Kandang sapi yang baik adalah kandang yang kokoh, mampu melindungi sapi dari ancaman baik dari hama pemangsa, hama penggangu atau dari pencuri, selain itu kandang sapi juga harus sehat dan bersih agar sapi tidak gampang sakit dan pertumbuhannya dapat maksimal.

desain kandang sapi yang baik

Secara umum pembuatan kandang sapi dibedakan menjadi 2 yaitu kandang individu (tunggal) dan kandang sapi kelompok. Antara model kandang individu dan kelompok memiliki kelebihan masing-masing, untuk model individu memiliki kelebihan sapi tidak bisa saling berkelahi karena tiap sapi ada skat dan biasanya sapi diikat dengan tali. Sedangkan kandang kelompok atau tipe koloni memilki keunggulan sapi dapat bergerak bebas.

Syarat Kandang Sapi Yang Baik

Dalam pembuatan kandang sapi harus diperhitungkan secara matang, baik lokasi kandang desain kandang, material kandang dll. Untuk pembuatan kandang sapi yang baik dan benar ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, berikut ini syarat-syarat agar kandang sapi  baik dan benar.

  • Lokasi kandang harus memiliki air bersih yang cukup baik untuk air minum sapi ataupun untuk membersihkan kandang dan memandikan ternak dan tersedianya pakan untuk sehari-hari
  • Lokasi kandang jauh dari pemukiman penduduk agar baik ternak maupun penduduk tidak ada yang dirugikan seperti bau, kesehatan dll
  • Lokasi kandang mudah diakses
  • Lahan yang akan digunakan sebagai kandang lebih baik cari yang luas, agar jika ada rencana perluasan kandang akan lebih mudah
  • Posisi kandang berada di dataran lebih tinggi untuk mencegah terjadinya banjir atau genangan air  berlebih
  • Tersedia bahan dan peralatan pembuatan kandang
  • Ada tempat penyaluran limbah atau kotoran

Membuat Kandang sapi tepat guna

Ukuran Kandang Sapi – Untuk ukuran kandang sapi, sapi jantan dewasa setidaknya membutuhkan 1,5×2 m atau 2,5×2 m sedangkan untuk sapi betina dewasa 1,8×2 m dan untuk anakan sapi 1,5×1 m per ekor, dengan tinggi atas + 2-2,5 m dari tanah. Jika membuat kandang kelompok tinggal menyesuaikan saja dengan jumlah ternak yang akan dipelihara.

Model atap kandang sapi – Untuk bahan atap kandang sapi bisa menggunakan seng, asbes, genteng atau rumbia. Untuk kandang yang berada di daerah cukup panas lebih dianjurkan tidak menggunakan seng karena akan membuat kandang lebih panas. Model bentuk atap ada beberapa pilihan yaitu model atap monitor, model atap semi monitor, model atap shade dan model atap gable untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar dibawah ini.

model atap kandang sapi

Model atap kandang sapi diatas bertujuan untuk mengatur sirkulasi udara, penggunaan bisa anda sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan kandang sapi anda, jika membutuhkan atap kandang yang memiliki sirkulasi udara bisa menggunakan model atap monitor atau semi monitor.

Dinding Kandang sapi – Untuk bagian dinding hanya ditutup ½ atau 1/3 saja, model kandang sapi memang sebaiknya model dinding terbuka agar sirkulasi udara lancar. Untuk bahan dinding bisa tembok beton / semen atau dengan kayu. Bahkan banyak kandang sapi yang tidak menggunakan dinding hanya menggunakan semacam pagar saja.

Lantai kandang sapi – untuk lantai sebagaiknya diperkeras baik seperti di cor dengan beton, yang terpenting lantai tidak licin. Dengan lantai yang di perkeras tentu saja akan mempermudah dalam pembersihan kotoran sapi. Jika menggunakan alas tanah lebih baik dilapisi dengan jerami agar urin dan kotoran dapat terserap dan memudahkan dalam pembersihan.

lantai kandang sapi

Lantai kandang dibuat miring dengan kemiringan kurang dari 5 derajat dan terdapat selokan untuk pembuangan urin dan kotoran sapi yang nantinya akan disimpan di penampungan khusus.

Bak Pakan dan Minum – Untuk bak makanan sebaknya menggunakan bak semen, sedangkan untuk tempat minum sebaiknya menggunakan wadah yang mudah dibersihkan. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran kandang.

desain kandang sapi potong

Sekian beberapa tips dalam pembuatan kandang sapi baik kandang individu maupun kandang sapi kelompok yang baik dan benar.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>