Kandang Kambing – Model Kandang Kambing yang Sehat

Post On: September 10, 2015
By: usahabudidaya

Model dan Desain Kandang Kambing – Tertarik membudidaya domba atau kambing? Langkah awal yang harus anda pelajari adalah cara membuat kandang kambing yang paling ideal dan juga sehat. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai model, desain dan ukuran kandang kambing yang ideal kita harus paham terlebih dahulu apa fungsi dari kandang itu sendiri.

Kandang sendiri adalah sebuah bangunan yang bertujuan untuk melindungi hewan ternak dari gangguan luar (contoh: panas, hujan, angin, predator dll), memudahkan dalam pemeliharaan dan pengawasan, dan juga memudahkan dalam pengumpulan kotoran agar kebersihan ternak maupun lingkungan terjaga. Berdasarkan dari fungsi kandang ini maka kandang yang baik adalah kandang yang memenuhi fungsi diatas.

kandang kambing etwa

Persyaratan Kandang Kambing yang Sehat

Untuk membangun kandang kambing yang sehat ada beberapa faktor yang harus diperhatikan

  • Bangunan kandang harus kuat dan kokoh
  • Sirkulasi udara didalam kandang harus baik
  • Sinar matahari dapat masuk dalam kandang, dianjurkan kandang menghadap timur sehingga ketika pagi hari kambing bisa terkena sinar matahari
  • Kandang mudah dibersihkan
  • Posisi kandang jauh dari tempat tinggal dan jauh dari jalan umum (lokasi tenang tidak bising)
  • Lingkungan kandang bersih dan kering

Model Kandang Kambing atau Domba

Dalam berternak kambing atau domba kandang kambing terbagi dalam 2 model, kandang kambing model lantai (lemprak) dan model kandang kambing panggung. Dari dua jenis model kandang kambing ini ada kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan Kandang Kambing model panggung

  • Kandang lebih bersih dan kering karena kotoran dan air kencing langsung jatuh kebawah
  • Kandang lebih mudah dibersihkan
  • Sirkulasi udara lebih baik
  • Ternak lebih aman dari gangguan hewan buas

Tetapi ada sedikit kelemahan dalam kandang model panggung

  • Ada kemungkinan kaki kambing terperosok ke celah lantai kandang.
  • Ada kemungkinan ternak lompat kebawah, jika tinggi dapat menyebabkan kaki kambing terluka dan jika kambing dalam keadaan diikat dapat menyebabkan kambing mati tergantung
  • Bahan baku dan material lebih banyak dibanding kandang lemprak.

Meskipun terdapat sedikit kekurangan dalam kambing model panggung tetapi masih dapat diatasi agar kemungkinan-kemungkinan terburuk tidak terjadi.

Jenis Kandang Kambing atau Domba

Berdasarkan fungsinya kandang kambing dibedakan menjadi 3, yaitu kandang koloni, kandang individu dan kandang beranak dan menyusui.

Kandang Kambing Koloni

Jenis kandang koloni merupakan jenis kandang yang luas tanpa sekat sehingga dapat memelihara beberapa kambing dalam jumlah banyak sekaligus. Model kandang ini sangat cocok untuk kandang penggemukan kambing atau pembesaran bakalan.

Ukuran kandang koloni ini disesuaikan dengan jumlah dan ukuran ternak, untuk kambing bakalan umur 3-7 bulan per ekor memerlukan luas lantai 0,5 m2, bakalan diatas 7 bulan memerlukan luas lantai 0.75 m2 dan untuk indukan memerlukan 1 m2/ekor.

Kandang kambing individu

Jenis kandang kambing individu adalah kandang yang disekat-sekat sehingga antara kambing ada pembatasnya. Ukuran yang paling banyak digunakan adalah 0.75m x 1,4 m atau 0.7m x 1,5m. Kandang ini kerap digunakan untuk penggemukan.

Kandang kambing beranak dan menyusui

Sesuai dengan namanya kandang ini digunakan khusus untuk indukan kambing yang baru melahirkan dan menyusui anaknya. Hal ini untuk memisahkan anak kambing agar tidak bercampur dengan indukan lainya. Ukuran untuk kandang ini minimal berukuran 1,5m x 1,5m

Setelah kita jabarkan bagaimana memilih dan membuat kandang kambing yang paling ideal dan sehat, berikut ini kita lampirkan beberapa contoh gambar kandang kambing yang bisa anda contoh untuk budidaya kambing.

desain kandang kambing sederhana

model kandang panggung kambing etawa model kandang kambing modern model kandang kambing koloni kandang kambing bambu sederhana kandang kambing modern

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>