Kelinci Jenis Rex

Post On: September 13, 2015
By: usahabudidaya
kelinci rex

kelinci rex

Keistimewaan dan ciri-ciri kelinci rex – Kelinci hewan lucu dengan telinga panjang ini ternyata memiliki berbagai jenis. Salah satu yang sedang naik daun adalah kelinci jenis rex, jenis kelinci ini banyak dibudidaya sebagai kelinci pedaging.   Selain untuk kelinci pedaging, kelinci rex juga populer sebagai kelinci hias. Kelinci rex ini memiliki bulu yang halus tebal seperti beludru dan memiliki corak warna yang unik sehingga banyak dipelihara sebagai kelinci hias. Corak warna kelinci rex yang banyak dibudidayakan di Indonesia antara lain bermotif totol (kelinci rex papilon), harlequin, putih dan tricolor

Pada awalnya kelinci rex ini pertama kali dikenalkan oleh petani dari Perancis pada tahun 1919 lalu mulai dikembangkan sekitar tahun 1924 di Paris, Perancis. Nama rex sendiri berasal dari bahasa latin yang berarti “raja”.

Ciri-Ciri Kelinci Rex

  • Bulu kelinci rex tidak panjang namun tebal halus dan lembut, panjang bulu bekisar antara 1.3 sampai 2.2
  • Jenis Kelinci rex memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibanding dengan jenis kelinci lainnya
  • Telinga kelinci rex terlihat tegak
  • Bobot kelinci rex mampu mencapai 5 kg untuk jantan dan betina bisa lebih dari 5 kg.
  • Bulu kumis kelinci rex ini keriting dan kumis keriting ini hanya dimiliki oleh jenis kelinci rex.

Dalam ternak kelinci rex tidak berbeda dengan jenis kelinci lainnya. Kelinci jenis rex dapat dikawinkan minimal umur 6 bulan, khusus untuk kelinci betina siap dikawinkan juga sudah birahi dengan tanda-tanda tampak gelisah, dan kakinya sering mencakar-cakar dasar kandang. Dalam setiap kehamilan kelinci rex mampu menghasilkan anakan antara 4 sampai 6 ekor.

Selain daging kelinci, bulu kelinci rex juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bulu kelinci ini banyak dicari untuk digunakan sebagai bahan  baku pakaian, jaket, mantel, dompet, sepatu dan barang-barang lainnya.

Soal harga kelinci rex anakan umur 1,5 bulan harga mulai Rp.50.000 perpasang, harga biasanya dipengaruhi oleh corak warna, usia dan bobot. Untuk saat ini yang paling banyak diminati adalah jenis kelinci rex papilon atau rex dengan motif bulu totol totol hitam dengan harga anakan mulai dari Rp.80.000 per pasang.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *