Kumpulan Jenis-Jenis Burung Murai Batu

Post On: February 14, 2015
By: usahabudidaya

Jenis-jenis murai batu – Bagi para penggemar burung kicau pasti sudah pada kenal dengan si primadona burung kicau yaitu burung murai batu. Burung yang biasa dilombakan di kontes burung kicau ini ternyata memiliki banyak jenis. Pada umumnya pengkelompokan jenis burung murai batu ini berdasarkan wilayah asal.

Di Indonesia sendiri jenis burung murai batu yang kerap dipelihara dan ditangkaran antara lain berasal dari Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Selain murai batu dari Indonesia, jenis impor juga mulai masuk di Tanah Air, antara lain dari Malaysia dan Thailand.

Jenis Murai Batu Sumatra

murai batu medan

murai batu medan

Untuk jenis murai baru yang berasal dari pulau Sumatra biasanya berasal dari Medan, Nias dan Lampung.

Murai Batu Medan : Jenis murai ini dikenal memiliki suara paling indah dan memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan dengan jenis lainya, murai batu Medan berasal dari Sumatra utara, dihabitat aslinya bisa ditemukan di hutan Bohorok, bukit Lawang dan juga terdapat di Taman Nasional Gunung Leuser.

Murai Batu Lampung : Sesuai dengan julukanya murai ini berasal dari tanah Lampung. Biasanya ditemukan di Gunung Krakatau. Karena sudah jarang ditemukan di habitat aslinya, biasanya jenis murai batu yang dijual di lampung diambil dari wilayah Jambi dan Riau.

Murai Batu Nias : Burung murai batu ini berasal dari pulau Nias. Jenis burung ini juga dikenal dengan nama Murai Black Tail Shama lantaran keunikan pada bulu ekor yang berwarna hitam. Sebagai catatan jenis murai batu dengan bulu ekor hitam sering juga ditemukan di wilayah Mentawai, Sumbar dan Aceh.

murai batu nias

murai batu nias

Jenis – Jenis Murai Batu Kalimantan

Jenis murai batu yang berasal dari Kalimantan dipasaran harganya lebih murah dibanding dengan murai batu Sumatra. Secara umum murai batu Kalimantan dikenal dengan murai batu palangka dan murai batu banjar. Untuk murai batu palangka ini berasal dari Kalimantan Tengah dan Barat sedangkan murai batu medan berasal dari Kalimantan selatan dan timur.

Jenis – Jenis Murai Batu Jawa

burung larwo

burung larwo

Murai batu jawa atau lebih dikenal dengan nama Larwo ini sudah sudah sangat jarang ditemukan di alam liar. Burung yang masih masuk dalam spesies spesies Copsychus malabaricus dari subspesies javanus ini memiliki cirri khas pada bulu dada yang panjang hingga perut.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>