Lahan Budidaya Pisang Mas Kirana di Lumajang Terus Diperluas

0
5

Kabupaten Lumajang Jawa timur dikenal sebagai kota pisang dengan produk andalanya Pisang mas kirana yang sudah merambah mancanegara.  Sebagai komoditas unggulan di kabupaten Lumajang, pemerintah setempat terus berusaha meningkatkan produktifitas pisang mas kirana.

Kabupaten Lumajang sendiri sangat diuntungkan dalam hal budidaya pisang mas jenis kirana karena letak geografis yang sangat strategis, kabupaten lumajang diapit oleh tiga gunung api aktif, yakni Semeru, Bromo, dan Lamongan. Abu vulkanik dari letusan gunung membuat tanah di kabupaten tersebut subur.

pisang mas kirana
pisang mas kirana

Untuk meningkatkan produksi, perluasan lahan terus dikembangkan, salah satu cara adalah dengan memanfaatkan alih lahan para petani dari menanam tebu dan albasia ke tanaman pisang mas kirana. Untuk saat ini perluasan lahan difokuskan di wilayah Agropolitan Bromo Tengger Semeru. Selain itu, juga di Kecamatan Senduro, Pasrujambe dan Gucialit.

Dengan semakin diperluas lahan budidaya Pisang mas kirana ini, diharap mampu melanyani permintaan yang terus meningkat baik itu pasar lokal maupun pasar ekspor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here