Macam Hama Pada Tanaman Terong

Post On: November 20, 2015
By: usahabudidaya

menanam terongHama Tanaman Terong – Tanaman terong dikenal dikalangan petani merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah ditanam atau dibudidaya. Jenis tanaman sayur ini dapat tumbuh subur baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (1-1.200 dpl).Meskipun dikenal gampang dalam hal perawatan tetapi ada beberapa jenis hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman terong, untuk itu diperlukan pencegahan dan penanganan yang tepat agar budidaya terong dapat menghasilkan hasil yang memuaskan.

Hama Tanaman Terong

Berikut ini bebapa hama yang kerap menyerang tanaham terong,

  • Kumbang Daun (Epilachna spp.)

Serangan hama kumbang daun pada tanaman terong ditandai dengan muncul bekas gigitan pada permukaan bawah daun, untuk serangan yang parah bisa hanya meninggalkan tulang daun.

  • Kutu Daun (Aphis gossypii Glover)

Hama ini menyerang dengan cara nenghisap cairan sel tanaman pada daun muda dan pucuk daun, sehingga pertumbuhan daun tidak normal, menggulung, atau keriting. Untuk mencegah serangan hama kutu daun dapat dilakukan penyemprotan dengan PENTANA + AERO 810 atau Natural BVR setiap 1-2 minggu sekali.

  • Tungau ( Tetranynichus spp.)

Serangan tungau terjadi ketika musim kemarau dengan serangan hampir sama dengan kutu daun. Ciri serangan tungau adalah muncul bintik-bintik merah kecoklatan pada permukaan daun.

  • Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon Hufn.)

Serangan ulat tanah bisa sangat fatal jika menyerang tanaman muda, ulat ini menyerang pada titik tumbuh sehingga tanaman dapat roboh bahkan mati. Untuk pencegahan bisa dilakukan penyemprotan dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810

  • Ulat Grayak (Spodoptera litura F.)

Seperti jenis ulat pada umumnya, serangan Ulat Grayak pada tanaman terong juga terjadi pada daun.

  • Ulat Buah ( Helicoverpa armigera Hubn.)

Jika terserang ulat buah, buah akan berlubang yang menyebabkan buah busuk dan rontok. Untuk pencegahan bisa dilakukan penyemprotan dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 setiap 1-2 minggu sekali

  • Kutu Daun Persik (Myzus persicae Sulzer)

Hama kutu daun persik dikenal juga sebagai Green Peach Aphid, hama ini menghisap cairan tanaman sehingga daun akan keriput berwarna kekuningan dan akan menghambat pertumbuhan jika parah tanaman dapat ,ayu dan mati.

  • Lalat Buah (Bactrocera sp.)

Tersebut Serangan hama lalat buah ditandai dengan munculnya lubang kecil berwarna hitam pada buah yang digunakan sebagai tempat bertelur lalat. Setelah telur menetas akan menjadi larva, larva-larva tersebut akan memakan daging buah dan menghisap cairan buah sehingga buah akan busuk dan rontok.

  • Thrips (Thrips parvispinus Karny)

Tanda terserang hama ini adalah muncul warna keperak-perakan pada bawah daun, setelah itu daun akan mengeriting atau keriput.

Demikian beberapa hama yang sering ditemukan dalam tanaman terong.  Pencegahan yang tepat dan penanganan sesuai dengan jenis hama yang sesuai akan meningkatkan kesuksesan dalam budidaya terong.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *