Mangga Mahatir, Mangga Jumbo dari Malaysia

Post On: June 17, 2015
By: usahabudidaya

mangga mahatir

Budidaya Mangga Mahatir – Setelah sebelumnya kita membahas mangga jumbo dari Thailand kini kita akan membahas mangga super jumbo dari daerah Kinabalu Malaysia. Jenis mangga jumbo ini diberi nama mangga mahatir, nama ini terinspirasi dari nama besar mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad.

Di Indonesia sendiri jenis mangga mahatir mulai ramai dibudidayakan khususnya pada pembibitan mangga mahatir, sedangkan untuk dibudidaya dalam skala luas masih sangat jarang. Kebanyakan peminat bibit ini berasal dari koletor tanaman buah. Sehingga jenis mangga mahatir ini masih memiliki peluang yang sangat besar baik untuk dibudidayakan untuk buah maupun dalam pembibitan.

Mangga Mahatir yang merupakan jenis mangga unggul dari Malaysia ini termasuk dalam  mangga genjah sehingga jenis ini dapat cepat berbuah. Keunggulan lain dari mangga ini adalah ukuran buah yang sangat besar, rata-rata buah mangga mahatir ini mampu berukuran 2,5kg sampai 3 kg. Bentuk buahnya menyerupai burung pada ujung buahnya.

pohon mangga mahatir

Pohon mangga mahatir juga memiliki beberapa ciri sehingga mudah dibedakan dengan jenis pohon mangga lainya, perbedaan itu terdapat dari daun. Daun mangga mahatir memiliki ukuran panjang dan lebar bisa mencapai panjang lengan orang dewasa dengan bentuk daun bergelombang dan berurat (urat daun kelihatan menonjol). Ciri lain dari pohon mangga mahatir terdapat pada percabangan dan ranting pohon, jenis mahatir cenderung lemas dan tumbuh menjuntai ke bawah.

Untuk menanam bibit mangga mahatir ini tidak jauh berbeda dengan jenis mangga lainya, dari segi perawatan juga sangat mudah, yang terpenting adalah bibit ditanam dilahan/ tempat yang terkena sinar matahari langsung dan pemupukan dilakukan secara rutin.

Untuk harga bibit mangga mahatir okulasi berkisar dari 25ribu sampai 70ribu untuk bibit yang sudah memiliki tinggi 1 meter. Jenis mangga ini juga bisa ditanam dalam pot (tabulampot) dan pada umumnya dari awat tanam sampai berbuah membutuhkan waktu sekitar 1 tahun.

Tags: , , ,

2 comments on “Mangga Mahatir, Mangga Jumbo dari Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *