Menanam Bawang daun Organik Dalam Pot

Post On: November 21, 2014
By: usahabudidaya

Cara menanam bawang daun dalam pot – Untuk menekan ongkos belanja alangkah baiknya Anda menanam sayuran sendiri di halaman rumah Anda. Untuk langkah awal  bisa menanam bawang daun dalam pot atau polybag, menanam bawang daun cukup mudah karena tinggal menanam bibit saja tanpa perlu melakukan proses penyemaian atau pembibitan.  Masa panen bawang daun juga cukup singkat dari bibit dapat dipanen setelah berusia 2,5 bulan atau jumlah rumpunnya mulai banyak dan sebagian daunnya sudah ada yang menguning.

Kali ini Usaha Budidaya akan membahas cara menanam bawang daun dalam pot atau polybag dengan sistem organik. Proses yang akan kita bahas proses penanam dari bibit, cara menanam dan cara merawat tanaman bawang daun. Untuk proses pembenian akan kita bahas khusus diluar artikel ini. Berikut ini cara mudah menanam bawang daun didalam pot.

daun bawang

 Cara menanam bawang daun dalam pot  atau polybag

Penyiapan Media Tanam Bawang daun

Untuk media tanam sayuran bawang daun di dalam pot tidak berbeda dengan sayuran pada umumnya. Tanah atau media tanam harus bersifat poros, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik dengan pH berkisar 6,5-7,5. Untuk membuat media tanam bawang daun yang ideal bisa menggunakan pencampuran antara tanah, kompos dan arang sekam dengan komposisi 2:1:1. Jika kesulitan membuat arang sekam bisa juga menggunakan campuran pupuk kandang dengan tanah dengan kompisisi 1:2.

daun bawang polybag

Menanam  dan Perawatan Bawang daun

Untuk penanam menanam tinggal buat lubang pada tanah di polibag atau pot dengan kedalamn 10 cm. Masukan bibit, untuk 1 pot 1 bibit. Tutup dengan tanah lalu siram air secukupnya. Untuk waktu penanaman paling baik ditanam waktu sore hari agar suhu udara dan laju respirasi tidak terlalu tinggi.

Untuk perawatan sangat mudah awal tanam dilakukan penyiraman setiap hari, tetapi jangan terlalu berlebihan dalam menyiram. Untuk pemupukan bisa diberi pupuk daun atau pupuk organic cair. Proses pemupukan dengan cara disemprot pada daun secara merata atau dikocorkan ke tanah. Aplikasi pupuk bisa diberikan mulai hari ke-10 dan diulang setiap 10 hari hingga 3-4 kali.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *