Mengatasi Penyakit Busuk Buah Cabai

Post On: October 26, 2015
By: usahabudidaya

Penyakit Busuk Buah Cabai – Hama dan tanaman pada tanaman cabai jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan menyebabkan gagal panen. Salah satu penyakit yang kerap menyerang tanaman cabai dimusim hujan adalah busuk buah. Penyakit busuk buah ini jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kerusakan hingga 90%.

Perkembangan penyakit busuk buah cabai ini sangat rentan ketika musim hujan karena keadaan yang lembab sehingga perkembangan cendawan bertumbuh dengan cepat.

Penyakit Busuk Buah Cabai atau antraknosa - usaha budidaya

Penyakit Busuk Buah Cabai atau antraknosa

Gejala dan Penyebab Busuk Buah Cabai

Busuk buah cabai atau lebih familiar disebut penyakit patek atau antraknosa ini disebabkan oleh cendawan Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides.

Tanaman cabai yang mengalami serangan penyakit patek ini pada awalnya akan ditandai dengan buah cabai yang membusuk berwarna kuning kecoklatan seperti terkena sengatan matahari diikuti oleh busuk basah yang terkadang ada jelaganya berwarna hitam.

Jika penyakit menyerang pada biji cabai maka ketika dibibit tidak akan tumbuh atau Jika menyerang ketika masih pembibitan akan menyebabkan kecambah layu. Pada tanaman dewasa menyebabkan mati pucuk, busuk kering pada batang dan daun sedangkan efek pada buah cabai akan membusuk seperti terbakar.

 Pengendalian penyakit Patek pada Cabai

Penyakit ini bisa terbawa dari benih atau biji cabe. Pencegahan bisa dilakukan dengan memilih benih yang sehat dan bebas patogen. Berikut ini beberapa tips untuk mengendalikan penyakit patek pada cabai

  • Lakukan perendaman pada biji cabai dengan air panas (55 °C) selama 30 menit atau da[at juga dilakukan perlakuan khusus dengan fungisida sistemik golongan triazole dan pyrimidin (0.05-0.1%)
  • Lakukan penyiraman fungisida 5 hari sebelum pindah tanam
  • Lakukan pengendalian hama dengan memusnakan tanaman yang terinfeksi
  • Penggiliran tanaman dengan tanaman bukan famili solanaceae atau pepaya karena berdasarkan antraknosa pepaya dapat menyerang cabai.
  • Penggunaan fungisida fenarimol, triazole, dan klorotalonil, khususnya pada periode pematangan buah dan terutama saat curah hujan cukup tinggi.

Demikian beberapa langkah untuk mengatasi penyakit patek atau antraknosa pada tanaman cabai. Baca juga artikel Hama dan Penyakit Tanaman Cabai Lengkap untuk mengetahui apa saja hama dan penyakit pada tanaman cabai. Salam Budidaya

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *