Perbedaan Jalak Uren dengan Jalak Suren

Post On: October 3, 2014
By: usahabudidaya

Perbedaan Jalak Uren dengan Jalak Suren – Ternyata jalak uren dengan jalak suren bukan hanya beda nama saja, dua jalak ini memiliki perbedaan dari bentuk fisik dan dari segi harga jual juga berbeda. Burung ini dikenal memiliki suara keras dan biasa digunakan sebagai pengganti anjing karena jalak ini akan berbunyi keras jika didekati oleh orang asing. Burung jalak uren ini banyak ditangkarkan diwilayah Klaten Jawa tengah.

Jalak uren sendiri habitat aslinya ada di pulau jawa sedangkan jalak suren banyak ditemui di Kalimantan dan Malaysia. Harga jual jalak uren lebih mahal dibandingkan jalak suren. Jalak uren sendiri sangat sulit dicari dihabitat aslinya bahkan sudah dianggap punah, hal ini lah salah satu faktor kenapa jalak uren lebih mahal dibanding jalak suren. Dikalangan pecinta burung kicau, jalak uren sendiri dianggap lebih mudah dimaster dan mudah jinak dibanding dengan jalak suren.

Untuk membedakan antara jalak suren dan jalak uren ternyata sangat mudah. Perbedaan burung ini terdapat pada bagian kepala. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dilist dibawah ini

beda jalak uren dan jalak suren

      Ciri-ciri jalak uren dan jalak suren :


Jalak uren

  • Warna bulu jalak uren pada bagian kepala atas berwarna hitam mengkilap.
  • Untuk warna paruh pada jalak uren berwarna putih gading, semakin tua jalak uren maka warna akan semakin putih bersih, sedangkan untuk yang masih muda paruh berwarna putih semburat hitam.

Jalak suren

  • Warna bulu jalak suren pada bagian kepala atas berwarna putih sampai pangkal paruh
  • Untuk paruh jalak suren berwarna orange kemerahan

Cukup mudahkan untuk membedakan Jalak Uren dan Jalak Suren. Sebagai catatan banyak penjual nakal yang menyemir jambul jarak suren agar seperti jalak uren. Pastikan teliti sebelum membeli dan salam budidaya.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *