Potensi Budidaya Sektor Laut Sangat Besar

Post On: December 11, 2013
By: usahabudidaya
In: Berita

potensi budidaya rumput laut

Budidaya laut atau mariculture merupakan usaha yang berpotensi memiliki prospek cerah dan peluang yang masih sangat besar. Peluang yang cukup besar ini dilihat dari luas indikatif potensi lahan pengembangan budidaya laut nasional sebesar 8,36 juta ha. Sedangkan pemanfaatkan usaha untuk mariculture baru sekitar 169.292 ha atau 3,69 persennya.

Dengan lahan yang masih sangat luas dapat dimanfaatkan untuk budidaya laut, antara lain, budidaya rumput laut, ikan kerapu, bawal bintang, kakap putih dan kakap merah merupakan komoditi ekspor yang banyak diminati pasar luar negeri.

Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga tengah memaksimalkan produksi perikanan budidaya laut melalui optimalisasi pemanfaatan potensi budidaya.

Selain pengembangan usaha budidaya udang pada kawasan pertambakan, KKP juga mendorong percepatan pengembangan kawasan budidaya laut.

Prospek pengembangan budidaya laut khususnya pada area lepas pantai atau off shore mempunyai peluang besar sebagai alternatif usaha yang prospektif bagi masa depan perikanan budidaya.

Indonesia sendiri sekarang menduduki peringka ke dua sebagai Negara produsen perikanan terbesar didunia, Indonesia dengan tingkat produksi sebesar 7,94 juta ton pada tahun 2011 dan meningkat menjadi 9,76 juta ton pada tahun 2012, mampu mengungguli produksi ikan Thailand, Vietnam, dan India. Dan jika potensi budidaya laut ini bisa dimaksumalkan maka kita bisa bersaing ketat atau bisa mengungguli China sebagai Negara produsen perikanan budidaya terbesar di dunia.

Tags: ,