Produksi Budidaya Ikan Patin Nasional Capai 200.000 Ton

Post On: August 26, 2014
By: usahabudidaya
In: Berita

ikan patin

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melaporkan bahwa hasil budidaya ikan patin hingga semester 1 tahun 2014 ini sudah mencapai 200.000 Ton, jika berjalan lancer capain ini bisa mengalahkan produksi ikan patin pada tahun lalu yang mencapai 410 ribu ton.

Untuk mendukung meningkatkan hasil produksi budidaya ikan patin, KKP menyiapkan dana sebesar Rp 20 miliar. Permintaan ikan patin dipasal lokal pun terus meningkat terutama dalam bentuk fillet atau olahan. Langkah-langkah yang akan ditempuh untuk meningkatkan hasil budidaya ikan patin dengan cara melakukan intensifikasi untuk meningkatkan produktivitas. Melakukan ekstensifikasi dengan meningkatkan lahan-lahan produktif. Dan kemandirian benih ikan patin di tingkat petani pembudidaya.

Anggaran dana sebesar Rp 20 miliar yang akan dikucurkan pada tahun 2015 juga akan diperuntukan untuk percontohan benih ikan patin. Hal ini agar pembudidaya mampu memproduksi  benih ikan patin sendiri tanpa harus mengandalkan wilayah lain.

Sentra Budidaya ikan patin di Indonesia sudah cukup menyebar di Indonesia, sedangkan produksi terbanyak berasal dari provinsi Jambi, Riau, Sumsel, Sumut, Jawa Baratm Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *