Ternak Kambing Kacang

Post On: January 6, 2016
By: usahabudidaya

Kambing kacang – Ingin melakukan usaha sampingan di sektor peternakan yang mudah dan untung besar salah satunya adalah ternak kambing pedaging jenis kacang. Jenis kambing kacang cocok dibudidayakan karena jenis kambing ini merupakan jenis unggul, kambing kacang memiliki kelebihan mudah beradaptasi dan memiliki memiliki tingkat reproduksi yang baik. Jenis kambing ini juga biasa digunakan untuk kambing qurban, kambing aqiqah dll. Dengan demikian jenis kambing kacang dalam hal pemeliharaan tidak memerlukan perawatan khusus dan cepat berkembang biak dengan demikian budidaya kambing kacang cocok dijadikan usaha sampingan.

Jenis kambing kacang ini merupakan jenis kambing asli Indonesia yang bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia dan Philipina. Kemampuan reproduksi kambing ini sangat tinggi, pada kambing dewasa mampu bereproduksi 3 kali dalam setahun.  Kambing kacang juga sering lahir kembar, dan mampu menghasilkan anakan kembar tiga.

kambing kacang murah untuk aqiqah

Ciri Kambing Kacang

  • Jika dilihat dari ukuran, jenis kambing kacang lebih kecil dibanding jenis kambing lainnya, untuk bobot kambing jantan dewasa rata-rata 30 kg sedangkan betina dewasa 25kg.
  • Tinggi kambing jantan sekitar 60cm sampai 65 cm sedangkan betina dibawah 60 cm
  • Kambing kacang memiliki bulu pendek dengan warna putih, hitam, coklat atau bisa juga campuran dari ketiga watna tersebut.
  • Kambing jantan maupun kambing betina jenis kacang memiliki tanduk berbentuk melengkung ke atas sampai ke belakang
  • Bentuk telinga kambing kacang pendek dan menggantung

Membedakan Kambing Kacang Jantan dan Betina

Untuk membedakan jenis kelamin pada kambing kacang bisa dilihat dari bulunya, untuk kambing kacang jantan memiliki janggut sedangkan untuk kambing kacang betina tidak memiliki. Ciri kedua pada kambing kacang jantan berbulu surai panjang dan kasar sepanjang garis leher, pundak, punggung sampai ekor sedangkan kambing betina tidak. Untuk lebih jelasnya mengenai membedakan jenis kelamin kambing kacang berdasarkan bentuk bulu bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Berternak Kambing Kacang

Pemilihan bibit – Setelah kita tau kelebihan kambing kacang dan ciri-ciri kambing kacang, kini usahabudidaya.com akan membahas bagaimana cara berternak kambing kacang. Pemilihan bibit unggul untuk ternak kambing kacang menjadi hal yang wajib diperhatikan, untuk memilih bibit yang unggul antara lain pilih bibit yang sehat dan tidak cacat. Untuk kambing kacang yang sehat biasanya kambing tersebut lincah dan memiliki bulu yang bersih dan mengkilap.

desain kandang kambing sederhana

Untuk pembuatan kandang kambing yang baik bisa baca artikel “Model Kandang Kambing yang Sehat

Perawatan kambing kacang – Untuk perawatan kambing kacang cukup mudah hal terpenting adalah pakan dan minum dan juga kebersihan kandang. Untuk makanan kambing kacang tidak berbeda dengan jenis kambing lainnya,  untuk pakan utama berupa rumput dan daun-daun hijau dan bisa ditambah dedak dll.

Untuk dapat sukses dalam mengawinkan kambing agar semaksimal mungkin (1 tahun 3x melahirkan) Diperlukan juga pengetahuan anda mengenai reproduksi dari kambing kacang seperti usia kelamin dewasa dari 6-10 bulan, siklus birahi yang berselang pada kambing kacang yaitu antara 17 hingga 21 hari, lama birahi yaitu 24 hingga 45 hari, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit ulasan cara berternak kambing kacang, selamat mencoba salam budidaya.

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>