Usaha Budidaya Jati Unggulan

0
3

Usaha Budidaya Jati Unggulan – Bisnis kebun jati saat ini banyak sekali diminati lantaran sekarang sudah ada bibit jati unggul yang bisa dipanen dalam waktu 5 – 8 tahun saja. Dengan keunggulan ini banyak masyarakat tertarik untuk membudidayakanya.

Salah satu jenis bibit jati yang paling banyak dicari adalah jenis Jati unggul Nusantara hasil penelitian Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Kementerian Kehutanan (Kemhut). Jenis baru bibit jati ini memiliki keistimewaan dalam hal waktu panen yaitu hanya lima tahun. Meskipun waktu panen relative singkat tetapi kayu yang dihasilkan memiliki kualitas sama dengan jati yang sudah berumur belasan tahun.

Dalam waktu lima tahun bibit Jati unggul Nusantara sudah memiliki diameter 20 cm, bandingkan dengan jenis jati biasa yang membutuhkan waktu belasan tahun untuk mencapai ukuran tersebut.

Ada juga jenis jati mas, yang bisa dipanen dalam waktu 6- 10 tahun. Kelebihan bibit jati mas antara lain tahan terhadap serangan hama  penyakit dan memiliki batang bebas cabang yang lebih tinggi  dengan tingkat kelurusan  yang lebih baik, sehingga mutu kayu yang dihasilkan lebih baik.

Usaha Bibit Jati Ungulan

Bagi anda yang memiliki lahan luas biasa anda manfaatkan untuk kebun jati, sedangkan ada yang tidak memiliki lahan yang sempit bisa anda manfaatkan dengan usaha bibit jati yang juga memiliki potensi keuntungan yang cukup besar juga. Bibit pohon jati unggul sudah bisa dijual jika sudah memasuki umur lenih dari 3 bulan, harga jualnya pun sangat menguntungkan dipasaran untuk bibit Jati unggul Nusantara dihargai Rp.15.000/bibit.

bibit pohon jati unggulan

Budidaya Jati Unggulan

Tanaman jati bagus dibudidayakan di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. dengan curah hujan antara 1.200 mililiter (mm) sampai 3.000 mm per tahun. Suhu udaranya 10 – 40 derajat Celcius, kecepatan angin 40 kilometer (km) per jam- 48 km per jam, serta keasaman (pH) tanah 5.5 – 7.5.

Proses penanaman tidak jauh berbeda dengan tanaman buah, dengan membuat lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Sedangkan jarak ideal tanaman jati adalah 3 meter (m) x 3 m.

Untuk mendapatkan keuntungan masa panen yang cepat tentunya juga perlu perawatan dan pemupukan. Awal tanam dilakukan pemupukan dengan diberikan pupuk kandang dan NPK di lubang tanam dengan takaran 3 kilogram – 5 kilogram pupuk kandang dan 200 gram NPK dalam satu lubang.

Pemupukan dilakukan rutin setiap 6 bulan sekali dengan pupuk kandang dan NPK dengan dosis 250 gram. Jika tanaman jati sudah berumur lebih satu tahun, pemupukan dilakukan setahun sekali dan diberikan menjelang musim hujan.

Dengan perawatan dan pemupukan yang tepat, pohon jati bisa dipanen pada usia 5 tahun atau pohon sudah berdiameter 30 cm. Demikian sedikit gambaran Usaha Budidaya Jati Unggulan semoga membantu anda. Salam Budidaya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here