9 Penyebab Kematian Pada Anak Kambing & Domba

Penyebab Kematian Anak Kambing

UsahaBudidaya.com – Dalam ternak kambing salah satu yang perlu diwaspadai adalah kematian anak kambing atau cempe baik masih dalam kandungan, pra sapih dan sapih. Berdasarkan data Kementerian Pertanian angka kematian pada anak kambing dan domba mencapai angka 10 sampai 50 persen. Angka ini cukup tinggi dan jika tidak di antisipasi dari awal tentu menyebabkan kerugian yang besar bagi peternak.

Untuk dapat menekan angka kematian anak kambing dan domba fase pra sapih sedikitnya ada 9 faktor yang harus dipahami agar kematian cempe bisa ditekan sehingga mengurangi resiko kerugian dalam ternak kambing dan domba.

9 Faktor Penyebab Kematian Anak Kambing

Induk Kambing Kesulitan Melahirkan

Kesulitan indukan kambing saat melahirkan dapat disebabkan beberapa factor, mulai tulang pinggul yang kecil, bobot lahir yang terlalu besar (biasanya karena perkawinan siang ) dan posisi janin tidak normal. Ketiga fakor tersebut dapat menyebabkan kematian pada anak kambing, bahkan induk kambing juga bisa mati.

Oleh karena itu sebagai peternak kita wajib mengetahui kondisi indukan yang hamil dan indukan yang masuk kategori diatas waktu proses meahirkan pelu mendapat pertolonngan untuk menekan angka kematian baik anak maupun induk.

Jumlah Anak Kambing yang Dilahirkan

Jumlah anak sekali lahir atau litter size yang tinggi dapat meningkatkan resiko kematian anak kambing. Rata-rata anak kambing melahirkan 1-2, jika sudah di atas 2 maka masuk dalam kategori litter size tinggi. Hal ini karena semakin banyak anak yang lahir maka bobot bayi akan rendah dan produksi susu induk tidak mencukupi. Nah jika dibiarkan anak kambing akan kekurangan susu dan bisa menyebabkan kematan.

Sifat Keindukan (mothering ability)

Beberapa indukan kambing/ domba ada yang memeiliki sifat tidak mau mengasuh anaknya, bahkan sampai tidak mau menyusui anaknya. Indukan yang tidak memiliki sifat keindukan ini dapat berakibat fatal bagi anak kambing dan bisa menyebabkan kematian.

Faktor Genetik

Faktor genetik ini terjadi karena in-breeding atau perkawinan sekerabat. Perkawinan ini bisa menyebabkan rendahnya kemampuan hidup. Keadaan ini berhubungan dengan meningkatnya homosigositas gen gen refresif dari sifat yang kurang baik karena perkawinan sekerabat.

Bahkan efek dari in-breeding ini bisa menyebabkan sifat-sifat kurang baik, mulai dari bobot lahir sampai kelainan genetik atau cacat tubuh

Pengaruh Iklim / Cuaca

Kondisi cuaca yang cukup ekstrim seperti terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi Kesehatan anak kambing, sedangkan untuk indukan bisa mempengaruhi produktifitas susu. Bahkan dari hasil penelitian, anak kambing yang berada di suhu udara yang rendah dan berkepanjangan bisa menyebabkan kematian hingga 30%.

Bobot Lahir Anak Kambing

Bobot lahir anak kambing merupakan factor penting pada kematian anak kambing. Bahkan dari penelitian 60-84 persen daya hidup anak kambing dipengaruhi oleh bobot lahir. Bobot lahir rendah pada anak kambing adalah dibawah 1 kg.

Managemen Pemberian Pakan

Management pemberian pakan yang tidak teratur dan nutrisi seadanya pada indukan kambing yang bunting dan laktasi dapat menyebabkan rendahknya bobot anak dan rendahnya produktfitas susu indukan.

Perawatan Anak Kambing

Perawatan anak kambing periode pra-sapih yang kurang baik akan mempertinggi angka kematian. Jika anak terlambat mendapat kolostrum (susujolong), menyebabkan anak lemah dan mudah terserang penyakit. Kondisi kendang dan kebersihan kambing juga berperan penting dalam perawatan anak kambing.

Perawatan setelah kelahiran merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan karena dari peneitian melaporkan bahwa 70% kematian anak pra sapih terjadi pada umur 1-6 hari

Infeksi Penyakit

Anak kambing pra sapih sangat rentang terserang penyakit seperti mencret dan cacingan. Penyakit tersebut biasanya karena factor makanan dan kebersihan kandang kambing. Kedua jens penyakit tersebut jika tidak diatasi secara cepat dapat menyebabkan kematian pada anak kambing.

Nah itu dia 9 faktor penyebab kematian anak kambing yang perlu diwaspadai khususnya bagi peterna kambing yang fokus pembibitan sehingga mampu menekan angka kematian ternak dan mengurangi resiko kerugian dalam budidaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here