Cara Daftar Kartu Tani 2020, Persyaratan Mudah

kartu tani 2020

Bagi para petani ditahun 2020 sangat wajib memiliki Kartu Tani. Lalu apa itu Kartu Tani? Kartu Tani merupakan sebuah identitas yang salah satu fungsinya untuk mendapatkan pupuk subsidi atau bantuan dari pemerintah.

Selain itu Kartu Tani ini juga berfungsi sebagai kartu ATM (kartu debit) sehigga bisa digunakan seebagai alat transaksi seperti untuk tranfer, Tarik tunai mapun setor tunai karena kartu ini akan dikeluarkan oleh pihak Bank.

Dengan menggunakan system ini diharapkan pemberian subsidi pupuk bisa tepat sasaran dan efektif. Karena distribusi pupuk subsidi by name by address. Nah berikut ini Usahabudidaya.com akan menjelaskan bagaimana cara untuk mendaatkan Kartu Tani.

Cara Daftar Kartu Tani 2020

Untuk mendapatkan Kartu Tania da beberapa pernyaratan yang harus di penuhi, antara lain sebaga berikut:

  1. Petani harus tergabung dalam kelompok tani
  2. Petani wajib melengkapi berkas fotokopi e-KTP, Fotokopi surat tanah, bukti pembayaran pajak PBB. Untuk petani yang menyewa ahan bisa menyertakan bukti sewa dan anggota LMDH
  3. Verifikasi Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) akan melakukan pendataan dan verifikasi lapangan
  4. PPL melakukan upload data RDKK dan alokasi pupuk subsidi
  5. Untuk penerbitan Kartu Tani dilakukan di Bank, Petani wajib hadir guna pengurusan Buku Tabungan dan penyerahan Kartu Tani.

Pembelian Pupuk Subsidi Dengan Kartu Tani

Jika Anda sudah mendapatkan Kartu Tani maka untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sangatlah mundah. Petani tinggal datang ke kios yang ditunjuk dengan membawa Kartu Tani. Kartu ini yang nanti digunakan sebagai alat pembayaran seperti pembayaran menggunakan ATM saat bertransaksi non tunai. Selain membeli pupuk subsidi petani juga dapat mengecek sisa kuota pupuk digerai atau kios tersebut.

Penjualan Hasil Panen

Selain digunakan untuk pembelian pupuk subsidi, Kartu Tani ini juga bisa digunakan untuk menjual hasil panen ke off Taker (Bulog). Cara untuk menjual hasil panen ke off Taker (Bulog) pun sangat mudah dan simple.

  1. Petani membawa Kartu Tani dan hasil panen ke off Taker Bulog
  2. Off Taker akan menimbang hasil panen
  3. hasil panen dan berat akan diinput ke system SINPI dan nanti akan muncul niai pembayaran
  4. Nilai penjualan akan otomatis dilaporkan ke petani melalui SMS
  5. Hasil penjualan otomatis langsung masuk ke rekening petani dan dapat ditarik ke ATM terdekat.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mendapatkan Kartu Tani, selain untuk mendapatkan pupuk bersubsidi kartu ini juga bisa digunakan untuk penjualan hasil panen juga, Yuk segera daftar Kartu Tani karena program ini sudah dimulai sejak 1 september 2020 dan ditargetkan akan efektif di seluruh Indonesia pada 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here