Cara Membuat Media Tanam Sayuran Dalam Polybag

Media Tanam Sayuran Dalam Polybag
Media Tanam Sayuran Dalam Polybag

Usahabudidaya.com – Perlu diketahui bahwa media tanam merupakan suatu faktor yang sangat penting dan akan mempengaruhi keberhasilan Anda dalam bercocok tanam. Media tanam memiliki peranan yang begitu besar terhadap pertumbuhan tanaman, bahkan media tanam juga akan bisa menentukan hasil produksi tanaman di saat panen nantinya. Media tanam sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, terlebih lagi kini telah dikembangkan beberapa metode baru untuk bercocok tanam seperti misalnya hidroponik dan aeroponik.

Setiap jenis tanaman tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga akan membutuhkan media tanam yang juga berbeda antara jenis tanaman satu dengan jenis tanaman lainnya. Seperti misalnya tanaman sayuran yang akan membutuhkan media tanam yang berbeda dengan tanaman buah, Anda bisa membuat media tanam untuk sayuran menggunakan polybag yang mana tentu saja sangatlah praktis. Media tanam polybag proses pembuatannya tidaklah rumit, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara membuat media tanam sayuran dalam polybag.

5 Langkah Membuat Media Tanam Sayuran di Polybag

  1. Langkah Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat media tanam sayuran di dalam polybag adalah menyiapkan alat dan bahan. Beberapa bahan yang harus disiapkan antara lain tanah sebagai bahan yang paling utama, kompos ataupun humus sebagai penyedia unsur hara, serta arang sekam ataupun sabut kelapa, selain itu Anda juga harus menyiapkan polybag sesuai dengan ukuran tanaman.

  1. Langkah Kedua

Langkah kedua yang harus dilakukan dalam membuat media tanam polybag adalah mengayak tanah. Alangkah baiknya apabila Anda mengambil tanah bagian atas yang kondisinya subur dan gembur, kemudian ayaklah tanah tersebut menggunakan ayakan halus sehingga hanya tersisa butiran-butiran tanah yang paling halus. Sebaiknya Anda mengayak tanah dalam kondisi kering agar tidak menggumpal.

  1. Langkah Ketiga

eSetelah mengayak tanah menjadi butiran yang halus, Anda juga harus menyiapkan kompos yang sudah jadi. Kompos yang Anda gunakan untuk membuat media tanam sayuran bisa menggunakan jenis kompos biasa ataupun jenis kompos bokasi, setelah itu Anda juga harus mengayak kompos tersebut sehingga menjadi butiran yang halus dan akan sangat baik sebagai media pertumbuhan tanaman.

  1. Langkah Keempat

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan untuk membuat media tanam sayuran yakni mencampurkan kesemua bahan yang telah disiapkan yakni tanah, kompos, dan arang sekam ke dalam sebuah wadah. Komposisi atau perbandingan bahan-bahan tadi yakni 2 bagian tanah, 1 bagian kompos, serta 1 bagian arang sekam, setelah itu Anda bisa mengaduk ketiga bahan tadi hingga tercampur secara merata.

  1. Langkah Kelima

Hal selanjutnya yang juga harus Anda lakukan adalah menyiapkan polybag, Anda bisa menyesuaikan ukuran polybag dengan jenis tanaman sayur yang ingin ditanam. Jangan lupa untuk memberikan lubang di bagian dasar polybag agar air bisa mengalir keluar dan tidak merendam tanaman, setelah itu masukkanlah campuran tanah, kompos, dan arang sekam ke dalam polybag.

Bagi Anda yang ingin membuat media tanam sayuran di dalam polybag, maka tak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa cara di atas karena membuat media tanam sendiri itu mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here