Cara Membuat Pupuk Organik Cair

cara membuat pupuk cair organik

Usahabudidaya.com – Pastinya Anda telah mengetahui bahwa dalam budidaya tanaman tidak akan bisa terlepas dari yang namanya pupuk, hal ini disebabkan karena pupuk merupakan salah satu faktor penting yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari usaha di bidang pertanian. Ya, pupuk memang akan memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap pertumbuhan serta hasil panen yang akan Anda dapatkan nantinya. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa pupuk sendiri terdiri dari berbagi macam jenis dengan fungsinya masing-masing.

Salah satu jenis pupuk yang sangat sering digunakan di dunia pertanian adalah pupuk organik cair atau sering disingkat menjadi POC. Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan pupuk organik di dunia pertanian saat ini semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang mulai sadar untuk menjaga kesehatan dan juga lingkungan. Pupuk organik cair memang tidak merusak lingkungan dan juga tidak akan memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan, pada kesempatan kali ini akan kami ulas bagaimana cara membuat pupuk organik cair.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair

  1. Menyiapkan Bahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat pupuk organik cair adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa bahan dasar yang harus Anda siapkan untuk membuat pupuk organik cair antara lain sisa sayuran, ampas kelapa, kotoran ternak, susu, telur, madu, air kelapa muda, EM4, dan gula atau tebu. Bahan-bahan tersebut harus Anda siapkan sebelum proses pembuatan.

  1. Menghaluskan Bahan Dasar

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghaluskan bahan dasar yang akan digunakan untuk membuat pupuk organik cair, penghalusan bahan dasar ini sangat penting untuk dilakukan dengan tujuan agar bahan-bahan tersebut lebih cepat terurai sehingga pembuatannya tidak terlalu lama. Anda bisa menghaluskan bahan dasar pupuk organik cair dengan menggunakan mesin crusher agar lebih mudah.

  1. Menyiapkan Mikro Organisme Pengurai

Langkah ketiga yang harus dilakukan untuk membuat pupuk organik cair adalah menyiapkan mikro organisme pengurai atau dekomposer. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan jenis bakteri baik saja yang memiliki sifat dekomposer dan antagonis yakni melawan bakteri pathogen penyebab penyakit, Anda bisa menggunakan EM4 yang isinya terdiri dari berbagai bakteri pengurai yang lengkap.

  1. Mencampurkan Bahan

Setelah menyiapkan mikro organisme pengurai, Anda bisa mencampurkan semua bahan dasar padat yang tadi telah dihaluskan ke dalam karung yang berpori. Kemudian campurkanlah bahan yang bersifat cair yakni susu, madu, telur, air kelapa muda, dan EM4 ke dalam sebuah tong, setelah itu masukkan karung berisi bahan padat ke dalamnya dan tutup tong tersebut dengan rapat.

  1. Proses Pembuatan

Pada umumnya proses pembuatan pupuk organik cair akan memakan waktu kurang lebih selama satu bulan, Anda bisa mengeluarkan karung berisi bahan padat dan menyaring air yang ada di dalam tong yang mana telah menjadi pupuk organik cair. Perlu Anda ketahui bahwa pupuk organik cair yang sudah jadi tidak berbau busuk, melainkan baunya seperti tape yang sudah difermentasi.

Bagi Anda yang ingin membuat pupuk organik cair, maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti cara yang ada di atas. Dengan mengaplikasikan pupuk organik ini tentu saja tanaman menjadi subur dan lebih sehat karena tidak mengandung pupuk kimia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here