Cara Sukses Budidaya Buah Anggur

Cara Sukses Budidaya Buah Anggur

Usahabudidaya.com – Seperti yang Anda ketahui bahwa anggur merupakan salah satu jenis buah yang sangat digemari tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di seluruh dunia. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman anggur memiliki ciri tanamannya yang berbentuk seperti semak dan cara tumbuhnya merambat. Buah anggur sendiri bentuknya bulat atau lonjong dengan ukurannya yang kecil menyerupai butiran kelereng, buah anggur memiliki rasa yang manis asam dengan kandungan air yang banyak sehingga sangat segar untuk dikonsumsi.

Budidaya tanaman anggur sendiri kini juga sangat populer di Indonesia. Tidak hanya untuk menghasilkan buahnya saja, kebun anggur kini dikemas menjadi sebuah tempat wisata yang akan memberikan untung berlipat dalam budidaya buah anggur.

Selain dikonsumsi sebagai buah segar, anggur juga sering diolah menjadi berbagai makanan dan juga minuman. Tidak hanya itu saja, buah anggur juga mengandung berbagai macam vitamin serta mineral yang mana tentu akan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jumlah permintaan terhadap buah anggur di pasaran selalu tinggi sehingga membuat harganya mahal yang mana akan bisa Anda jadikan sebagai sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Apabila Anda merasa tertarik, pada kesempatan ini akan kami ulas cara sukses budidaya buah anggur.

Cara Sukses Budidaya Buah Anggur

  1. Mengolah Lahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan budidaya tanaman anggur adalah mengolah lahan, tanah yang gembur sangatlah baik untuk pertumbuhan tanaman anggur sehingga Anda harus menggemburkan tanah terlebih dahulu menggunakan cangkul. Setelah itu anda juga perlu memberikan kompos atau pupuk kandang pada lahan agar lebih siap untuk ditanami anggur.

  1. Menyiapkan Bibit Anggur

Setelah mengolah lahan, maka hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih bibit tanaman anggur, sebaiknya Anda memilih bibit tanaman yang berkualitas baik atau super dengan tujuan agar tanaman bisa tumbuh dengan subur dan juga mampu menghasilkan panen yang banyak. Bibit anggur bisa diperoleh dengan cara stek yang mana panjang batang stek tidak boleh lebih dari 30 cm.

  1. Menanam Bibit Anggur

Langkah yang ketiga adalah menanam bibit anggur ke lahan, perlu diketahui bahwa proses penanaman bibit anggur akan lebih baik jika dilakukan pada saat memasuki musim kemarau agar hasil panennya lebih baik. Proses penanaman juga sebaiknya dilakukan pada pagi hari, Anda bisa menanam bibit pada lubang tanam dan menutupnya dengan menggunakan tanah yang dicampur pupuk.

  1. Merawat Tanaman Anggur

Anda harus merawat tanaman anggur yang telah ditanam agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan subur. Anda harus menyiram tanaman anggur satu kali sehari agar tanaman tidak kering, Anda juga perlu untuk melakukan penjarangan dengan tujuan agar tanaman anggur tidak terlalu rapat tumbuhnya, selain itu Anda juga perlu melakukan penyiangan dengan membersihkan gulma di sekitar tanaman.

  1. Masa Panen Anggur

Kini saatnya menikmati hasil kerja keras yang telah Anda lakukan dengan memanen buah anggur. Perlu Anda ketahui bahwa anggur yang telah siap dipanen buahnya telah masak semua dalam satu ranting serta buahnya terasa kenyal ketika dipegang. Anda bisa memanen buah anggur pada pagi ataupun sore hari dengan memetik buahnya dan memasukkannya ke dalam keranjang.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis budidaya anggur, maka Anda bisa menerapkan beberapa cara yang ada di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here