Ketersediaan Pakan, Kunci Sukses Berternak

0
43

peternakan kambing potongDalam budidaya perternakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan berternak adalah asupan makanan / pakan yang cukup. Jika ingin maksimal dalam budidaya hewan pemberian makanan juga harus maksimal.

Konsep dasarnya ada dua pola pemeliharaan pada hewan ternak ruminansia yaitu breeding dan fattening. Breeding adalah ternak untuk mengembangbiakan ternak sebagai ternak perahan seperti sapi, kambing, kerbau, dll. fattening adalah model pemeliharaan ternak dengan tujuan hanya menggemukkan saja dan setelah itu dijual.

Dalam kedua proses tersebut sangat peranan ketersediaan pangan sangat berpengaruh, ketika pakan dapat dipenuhi proses peternakan akan berjalan dengan baik sedangkan jika pakan tidak terpenuhi makan hewan ternak tersebut akan kurus atau bobot rendah dan tidak produktif.

Untuk memenuhi ketersediaan pakan, bisa didapat dari limbah-limbah perkebunan dan pertanian yang kemudian diracik menjadi konsentrat dan hijauan untuk membantu pencernaan hewan ternak.

Contoh pada budidaya ternak sapi, sapi membutuhkan pakan hijau kurang lebih 10 kg / hari. Oleh karenanya, salah satu yang penting dari aktivitas penyediaan pakan ternak yang bagus dan memadai adalah dengan menyiapkan Pakan Hijauan Ternak (PHT) berupa penanaman rumput gajah, sorgum, legume, dan lain-lain.

Oleh karena itu jika ingin melakukan usaha ternak hewan baik breeding maupun fattening, pastikan dahulu kesediaan pakan dan sumber pakan secara berkelanjutan tersedia dengan baik. Sehingga hewan ternak dapat tumbuh dengan sempurna dan produktifitas tinggi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here