Lokasi Ideal untuk Budidaya Ayam Petelur

0
97

Jika ingin melakukan budidaya ayam petelur, pemilihan lokasi berternak yang ideal akan memudahkan dan menguntungkan dalam budidaya ayam petelur. Lokasi yang ideal tentunya mudah dijangkau, jauh dari pemukiman dan mudah sumber air.

Dengan pemilihan tempat budidaya yang mudah terjangkau tentunya bisnis ayam petelur ini akan cepat berkembang karena akses distribusi yang mudah, tetapi dalam pemilihan lahan jangan melupakan harga tanah. Untuk menekan modal investasi awal disarankan untuk menyewa lahan dalam waktu pendek seperti 5 tahun atau 3 periode pemeliharaan.

Selain ketinggian tempat, sumber air dan tipe tanah, kelembapan lokasi ayam petelur juga harus diperhatikan. Kelembapan kandang ayam petelur paling bagus sekitar 50-70%. Hal ini nanti akan berhubungan dengan perkembangan bulu akan semakin baik. Jika kelembapan dibawah 50% perkembangan bulu akan jelek sedangkan jika di atas 70% menyebabkan kadar amoniak yang tinggi dan ayam akan mengalami gangguan pernafasan.

kandang ayam petelur

Sedangkan ketinggian lokasi budidaya ayam petelur paling ideal di 100-400 meter diatas permukaan laut. Jika lokasi di bawah 100 m dengan kelembapan yang rendah akan berimbas pada hasil telur, bobot telur lebih ringan. Jika lahan diatas 400m tentunya curah oksigen semakin rendah dan efek terhadap ayam akan terjangkit  penyakit pernafasan maupun penyakit metabolisme lainnya.

Jenis tanah ideal adalah tanah yang mudah air seperti tanah berpasir Kandang Ayam Petelur, jika jenis tanah kandang mudah menyerap air maka air yang tersedia relative lebih bersih dan tidak tercemar kuman penyakit.Tanah yang sulit menyerap air seperti tanah lempung/ tanah liat sebaiknya dihindari untuk lokasi kandang.

Jadi lokasi yang ideal untuk budidaya ayam petelur adalah perpaduan dari lokasi ideal tumbuh ayam petelur dengan harga tanah yang relative murah serta mudah dijangkau alat transportasi dan komunikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here