Mengatasi Bercak Daun Pada Jahe (Penyakit layu bakteri)

0
102

Mengatasi Bercak Daun Pada Jahe (Penyakit layu bakteri) – Dalam melakukan budidaya jahe pastinya juga ada beberapa hambatan yang akan anda alami. Kendala yang biasa dihadapi dalam budidaya jahe adalah Penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum dengan tanda-tanda muncul bercak menguning dan menggulung pada daun.

Ada empat jenis jamur yang banyak dilaporkan menyebabkan kerusakan pada daun tanaman jahe di Indonesia, yaitu Phyllosticta, Pyricularia, Cercospora dan Phakopsora.   Untuk mengatsi penyakit ini bisa menggunakan kombinasi pupuk K (400 kg/ha) dan Mg (300 kg/ha) dapat meningkatkan ketahanan tanaman jahe terhadap serangan bercak daun dengan produksi rimpang 413,33 kg/rumpun.

penyakit tanaman jahe pada daun

Hasil penelitian di Balittro juga menyebutkan bahwa, Aplikasi fungisida sintetik dengan bahan aktif Mancozeb ternyata lebih efektif menekan serangan bercak daun dibandingkan fungisida nabati lainnya.

Tetapi paling melakukan pencegahan sebelum terkena penyakit layu bakteri. Hal ini karena belum ada metode khusus yang dapat mengatasi permasalahan ini secara tuntas.

Pencegahan Penyakit Layu Bakteri pada Jahe

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mecegah penyakit layu bakteri pada tanaman jahe.

1.      Bersihkan lahan dari Patogen

Syarat awal sebelum menanam jahe agar terhindar dari penyakit layu bakteri dengan cara membersihkan lahan terlebih dahulu dari pathogen sebelum melakukan penanaman tanaman jahe. Hasil pengamatan di lapang dan analisa di laboratorium menunjukkan bahwa ada beberapa jenis lahan yangberpotensi bebas dari patogen diantaranya adalah lahan bekas sawah beririgasi teknis.R solanacearum bersifat aerobik, sehingga tidak tumbuh pada keadaan kondisi an aerob seperti di lahan sawah.

2.      Pemilihan benih yang sehat

Benih yang sehat tentunya lebih tahan penyakit, maka daripada itu harus dilakukan penyortiran benih secara ketat. Rimpang yang digunakan untuk benih harus yang sudah cukup tua dan berwarna mengkilat. Lakukan juga teknik antibiotik atau pestisida pada benih untuk membunuh patogen.

3.      Sanitasi

Sanitasi dilakukan dari awal, jangan hanya dilakukan pada saat serangan sudah meluas dan parah. Tanaman jahe yang terserang di lapang harus segera dicabut dan dimusnahkan dengan cara dibakar. Selanjutnya lubang bekas tanaman yang sakit disiram dengan antibiotik atau ditaburi dengan kapur.

4.      Pengelolahan lingkungan

Kondisi lahan yang lembab dan panas dapat memicu timbulnya penyakit ini, maka perlu pengolahan lahan untuk mencegah kelembapan yang berlebih, misalnya dengan cara mengatur jarak tanam, menyiangi gulma disekitar tanaman jahe dan memastikan drainase berjalan baik.

 Demikian cara untuk mengatasi dan menekan bercak daun pada tanaman jahe karena penyakit layu bakteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here