Mengenal Kelinci Flemish Giant

0
kelinci flemish giant

Cari kelinci dengan postur besar? Kelinci Flemish Giant merupakan salah satu jenis kelinci dengan badan yang bongsor. Jenis ini juga banyak di ternak di tanah air. Badan besar dengan sifat lucu membuat Flemish Giant digemari sebagai hewan peliaharaan.

Asal Kelinci Flemish Giant

Asal usul Flemish Giant berasal dari negara Belgia, tepatnya di wilayah Flanders. Jenis kelinci ini sudah dibudidayakan sejak abad ke-16.  Kelinci Flemish Giant ini merupakan turunan dari perkawinan silang antara jenis kelinci Steenkonijn (jenis kelinci Belgia dengan berat sekitar 3.8kg) dengan kelinci eropa Pentaginian. Kelinci ini mulai disebarluakan sekitar tahun 1890-an ke Amerika utara dan kini sudah sebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Awalnya jenis kelinci ini diternakan untuk dimanfaatkan daging  dan bulunya, namun kini Kelinci Flemish Giant juga diminati sebagai hewan peliharaan dan sering juga diikutkan dalam ajang kontes kelinci.

Ciri Kelinci Flemish Giant

Bukan hanya ukurannya yang membuat Flemish Giants menonjol dari kelinci lainnya. Mereka juga memiliki pewarnaan yang khas.

Macam Warna Kelinci Flemish Giant

Berdasarkan asosiasi peternak rabit Amerika yang kini menjadi acuhan dunia, American Rabbit Breed Association (ARBA) mengakui varietas warna Flemish giant ada 7 jenis:

  • Hitam – Black Flemish Giants memiliki bulu hitam pekat dan mata coklat.
  • Blue – Kelinci ini akan memiliki bulu hitam-biru gelap dengan mata abu-abu kebiruan.
  • Sandy – Varietas ini memiliki bulu berpasir kemerahan dengan detak gelap dan mata cokelat.
  • Fawn – Fawn Flemish Giants memiliki mantel emas agak terang dengan undercarriage putih dan mata coklat.
  • Light Grey – Ini akan memiliki bulu abu-abu terang dengan ujung berdetak hitam dan mata coklat.
  • Steel Grey – Varietas baja abu-abu memiliki mantel abu-abu arang dengan detak mata abu-abu muda dan coklat.
  • Putih – White Flemish Giants memiliki bulu putih solid dengan mata merah muda.

Baca Juga: Mengenal kelinci New Zealand
Mengenal Kelinci Rex

Postur Tubuh Flemish Giant

jenis kelinci Flemish Giant

Kelinci Flemish Giant memiliki postur tubuh panjang dan ramping, dengan kepala proporsional dan telinga tegak. Kuku kaki mereka juga seragam warnanya dan bulunya tebal, berkilau, dan panjang yang sama di seluruh tubuh mereka.

Karakter Flemish Giant

Salah satu yang mebuat kelinci ini populer sebagai hewa peliharaan karena jenis ini memiliki karakter jinak dan penyayang. Namun jika merasa terancam mereka bisa berubah menjadi agresif, mereka bisa mencakar atau menggigit.

Ukuran Flemish Giant

Seberaapa raksasa kelinci Flemish Giant? Untuk kualitas asli (pure) kelinci ini bisa mencapai bobot 6.5 kg, bahkan ada yang mencapai hampir 10 kg. Sedangkan panjang tubuh mereka bisa mencapai 76 cm, bahkan jenis kelinci ini pernah memecahkan rekor dunia dengan kelinci terpanjang 51 inci atau sekitar 129,54 cm.

Kelinci raksasa ini biasanya akan mencapai berat maksimalnya pada usia satu setengah tahun. Flemish Giants jantan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan betina. Kelinci betina juga memiliki kulit berlapis bulu di bawah dagunya yang disebut dewlap, yang digunakannya untuk menjaga agar bayinya tetap hangat.

Umur Flemish Giant

Flemish Giants memiliki umur standar kelinci pada umumnya, yaitu 8-10 tahun. untuk kelinci domestik , antara delapan dan sepuluh tahun. Jika Anda ingin kelinci Anda berumur panjang, maka rawat dia dengan baik, baik lingkungan kadang yang bersih dan makanan yang baik.

Kelinci Flemish Giant adalah salah satu ras kelinci terbaik untuk dipelihara. Bulu mereka yang berbeda, sifat jinak, dan ukurannya yang besar menjadikan mereka ras favorit di antara pecinta kelinci. Banyaknya peminat jenis ini tentu membuat potensi usaha juga terbuka lebar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here