Mengenal Maggot BSF, Alternatif Pakan Ternak Kaya Protein

Salah satu kunci sukses ternak adalah dapat menekan biaya pakan. Nah bagi para peternak ikan dan unggas anda bisa memberi kapan alternatif dari maggot BSF untuk mengurangi ketergantungan pakan pabrikan.

Apa itu Maggot BSF?

Maggot merupakan larva atau belatung dari lalat Black Soldier Fly (Hermetia Illucens, Stratimydae, Diptera) atau kerap disingkat BSF. Lalat BSF merupakan salah satu insekta yang berasal dari Amerika dan tersebar kewilayah subtropic dan tropis termasuk Indonesa.

Lalat ini berbeda dari jenis lalat pada umumnya, BSF merupakan jenis lalat tentara hitam yang tidak menularkan bakteri, kuman dan penyakit pada manusia. Sehingga lalat ini sangat aman untuk dibudidayakan dan larva atau maggot dijadikan sebagai pakan alternatif ternak.

Maggot BSF Sebagai Pakan Ternak

Sebagai sumber pakan ternak, maggot BSF mengandung protein tinggi (40-50%) dan lemak mencapai 30%. Kandungan ini sudah terbukti ampuh untukpakan aya pedanging maupun petelur, lele, maupun burung puyuh.

Secara modern maggot ini diproses mejadi tepung maggot dan digunakan sebagai bahan campuran pakan ternak. Dari hasil penelitiian tepung maggot BSF juga memiliki kandungan senyawa yang bersifat antibiotika dan antiviral, senyawa ini dapat menjaga kesehatan ternak.

Maggot BSF Pegurai Sampah Organik

Selain hasilnya digunakan untuk pakan ternak, dalam proses budidaya magot juga dimanfaatkan untuk mengurai sampah organik. Maggot merupakan hewan yang rakus dalam urusan makan, dan salah satu makanan yang cocok dan mudah untuk ternak maggot BSF adalah sampah organik. 10.000 maggot mampu mengurai 1 kg sampah organic dalam waktu 24 jam saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here