Petani Organik Malang Disubsidi Rp1 Juta/Bulan

0
44

sayuran organik

Kabar gembira bagi para petani di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, yang mau serius menjadi petani organik akan mendapat subsidi dari pemkot setempat sebesar Rp1 juta/bulan. Pemberian subsidi tersebut untuk mendukung pertanian organik, hal ini karena untuk menuju pertanian organik tersebut pendapatan mereka akan menurun, sehingga untuk sementara masih perlu disubsidi.

Untuk anggaran subsidi sudah diajukan sebesar 10 miliar, dan Dinas Pertanian dan Kehutanan juga telah menyiapkan bibit dan aneka pupuk organik untuk petani, bahkan berbagai pelatihan dan pembinaan juga sudah disiapkan karena petani pasti masih memerlukannya selama proses menuju pertanian organik.

Seperti kita ketahui Pemkot Batu sudah mulai serius menggarap pertanian organik dipadukan dengan pariwisata. Hal ini juga sesuai dengan visi misi untuk menjadikan Kota Batu sebagai sentra pertanian organik yang berbasis pariwisata internasional.

Pemkot Batu sudah melakukan pemetaan-pemetaan berdasarkan wilayah dan tanaman sehingga setiap wilayah dengan yang satu tidak memiliki kesamaan tanaman organik, yang sudah berjalan antara lain seperti, di Desa Pen dem, Kecamatan Junrejo menjadi kluster tanaman padi, Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo menjadi kluster bawang merah, bawang prei, serta jagung.

Selain itu juga ada kluster buah jeruk di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, strawberi di Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji serta apel di Desa Tulungrejo dan Bumiaji di Kecamatan Bumiaji.

Sementara kluster kentang dan wortel berada di Desa Sumber brantas dan kluster cabai serta kol berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here