Potensi Budidaya Tomat Indigo Rose (Tomat Ungu)

1
88

Budidaya Tomat Indigo Rose – Tomat Indigo Rose atau tomat ungu berasal dari Cile, tomat dengan nama latin Solanum lycopersicum ini saat ini banyak dilirik pembudidaya karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan.

Tomat Indigo Rose atau tomat ungu masih baru dan belum terlalu popular, tetapi dengan kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan, Tomat Indigo Rose atau tomat ungu ini berpotensi sangat menguntungkan untuk dibudidayakan. Petani yang menanam  Tomat Indigo Rose di Indonesia pun masih sedikit dan berarti competitor juga sedikit.

Khasiat / Manfaat Tomat Indigo Rose

Sesuai dengan namanya, tomat ungu ini memiliki warna kulit merah keuguan. Tomat ungu ini memiliki rasa cenderung hambar dan tidak manis, tetapi tomat ini banyak memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh dan termasuk dalam tanaman obat. Tomat Indigo Rose atau tomat ungu banyak mengandung zat antosianin, zat ini berguna untuk melawan penyakit kanker dan diabetes. Selain itu juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan serta stres.

Budidaya Tomat Indigo Rose (Tomat Ungu)

Secara teknis untuk melakukan budidaya tomat ungu tidak jauh berbeda dengan tomat pada umumnya. Sedangkan untuk tempat menanam bisa menggunakan pot atau polybag. Dipasaran benih dijual Rp.3.000/ pak, bibit tomat ungu dihargai Rp.3.500/batang sedangkan untuk buah dijual Rp.25.000/kg. Tinggal anda memilih memlulai budidaya tomat ungu mulai dari benih atau sudah dalam bentuk bibit.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tanaman tomat ungu tidak boleh di ruangan yang terlalu panas, untuk menyiasatinya bisa melakukan budidaya di ruangan tertutup atau dirumah kaca, hal ini juga bermanfaat untuk menghindari dari serangan hama.

Hama yang sering menyerang antara lain jamur pada daun, biasanya hama jamur menyerang ketika musim hujan. Untuk mengatasi hama dan jamur bisa dilakukan penyemprotan obat fungisida.

Tanaman Tomat Indigo Rose atau tomat ungu ini bisa berbuah ketika sudah berumur 90 hari, dan setiap pohon bisa menghasilkan buah tomat ungu hingga 3 kg–4 kg.

Demikian sedikit ulasan Potensi Budidaya Tomat Indigo Rose (Tomat Ungu), salam budidaya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here