Proses Reproduksi Kumbang Ulat Hongkong

0
133

FASE ULAT HONGKONG

Setelah kita membahas cara ternak ulat hongkong, sekarang saatnya kita membahas reproduksi kumbang Tenebrio molitor sebagai penghasil ulat hongkong. Sebagai peternak ulat hongkong sangat penting untuk tau proses reproduksi dan membedakan jenis kelamin pada kumbang ulat hongkong.

Kumbang betina memiliki sedikit pemisah di antara tiga bagian segmen perut paling ujung dan hampir tidak terlihat. Berbeda dibandingkan kumbang jantan yang memiliki membran intersegmental berwarna terang

Dalam proses kawin atau reproduksi kumbang ini memiliki 3 tahapan perkawinan. Tahap pertama, kumbang jantan akan mengejar kumbang betina hingga sang betina kelelahan dan akhirnya menyerah. Tahap kedua, kumbang jantan menaiki betina dan membengkokkan perut bagian belakangnya ke bawah untuk melakukan penetrasi. Pada tahap akhir kumbang jantan akan menyemprotkan sperma dalam perkawinan yang berlangsung pada kisaran waktu 50–120 detik itu.

Kunci keberhasilan perkawinan kumbang ulat hongkong ini terletak pada perbandingan betina dan jantan. Betina yang kawin dengan lebih dari satu jantan memiliki dua keuntungan secara material dan genetik. Keuntungan material terlihat dari meningkatkan produktivitas betina seperti peningkatan jumlah atau ukuran telur. Secara genetik keragaman gen terjaga sehingga produktivitas berikutnya bisa stabil tanpa ada penyimpangan seperti cacat dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here