Usaha Budidaya Kroto dengan Media Toples

0
225

Usaha Budidaya Kroto – Kroto atau telur semut rang-rang banyak dimanfaatkan sebagai pakan burung kicau. Burung yang diberi makan kroto dipercaya mampu menghasilkan burung kicau dengan suara yang merdu. Semakin meningkatnya kebutuhan kroto seringkali membuat kroto langka dipasaran dan berimbas harga kroto akan naik cukup signifikan.

Dengan demikian ternak semut kroto bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjajikan. Dalam melakukan budidaya caranya pun sangat mudah,dan murah, yang paling popular adalah melakukan budiaya kroto dengan toples.

cara budidaya kroto

Cara budidaya kroto dengan media toples

Alat-alat yang harus disediakan sangat sederhana yaitu toples transparan yang sudah dilubangi pada bagian tengah, hal ini bertujuan untuk jalan semut rangrang keluar masuk dan juga sebagai saluran udara.

Yang kedua siapkan nampan sebagai alas topses. Lapisi toples dengan kertas atau selotip agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring – jaring. Setelah semut sudah mulai bersarangm, anda dapat melepaskan solasinya.

Cari sarang semut rang – rang dipohon. masukkan dalam plasitik/toples dan kasih celah udara. Siapkan ember plastik besar yang sudah dikasih tepung pati agar semut tidak keluar kemana – mana. Masukkan sarang dalam ember, sebelumnya bersihkan dari jaring – jaring dan daunnya. Kemudian beri penghubung antara ember dan juga toples dengan menggunakna sapu lidi. Kemudian tinggal saja hingga semut membuat sarangnya sendiri. Didalam toples sebelumnya sudah dikasih makanan dan juga minum agar semut tertarik pindah kedalam toples.

Untuk pakan dan minumnya, cukup sediakan ulat hongkong dan air gula di meja tersebut. Nantinya, semut akan keluar sendiri dari toples lewat lubang yang sudah disediakan.

Kroto bisa dipanen dalam waktu kurang lebih 1 bulan. Cara panen cukup mudah tinggal angkat toples lalu pisahkan antara kroto dengan sarangya. Kunci sukses dalam budidaya kroto dalam toples adalah jangan takut digigit semut rangrang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here