Cara Membuat Media Tanam Organik Untuk Sayuran Dan Tanaman Hias

1
18
media tanam organik

Ingin menanam sayuran atau tanaman hias dalam pot atau polibag? Tentunya salah satu faktor agar tanaman dapat tumbuh subur adalah media tanam yang digunakan. Dengan komposisi yang pas tentunya akan membuat tanaman menjadi subur, tetapi dalam membuat media tanam ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yang kami kutip dari karangasemkab.go.id.

  1. media tanam harus mampu menopang tanaman secara kokoh, dengan demikian campuran dalam media tanam harus tidak mudah lapuk dan bisa tahan lama.
  2. Media tanam memiliki sifat porous atau mampu mengalirkan air yang berlebih sehingga tanaman terhindar dari kelembapan tinggi dan akar tidak terendam air. Untuk itu media tanam yang dibuat tidak boleh padat dengan kata lain harus gembur sehingga banyak pori-pori sehingga drainase dan aerasi pada media berjalan baik.
  3. Media tanam memiliki unsure hara baik unsure hara makro maupun mikro agar nutrisi tanaman terpenuhi.
  4. Media tanam harus bersih sehat dan aman dari kontaminasi jamur virus maupun bahan kimia. Hal ini agar tanaman bisa tumbuh subur dan sehat, jangan sampai media tanam yang kita buat mengandung jamur atau virus yang dapat merusak tanaman itu sendiri

media tanam organik

Bahan untuk membuat media tanam Organik

Bahan-bahan dalam membuat media tanam organik tidak lah sulit dan mudah didapat, bahan-bahanya antara lain tanah gembur, kompos atau humus, arang sekam atau sabut kelapa.

  • Tanah

Tanah yang digunakan untuk membuat media tanam adalah tanah yang gembur, tanah mengandung sedikit pasir. Jangan menggunakan tanah lempung karena media tanam akan keras dan tidak mudah menyerap air.

  • Kompos / humus

Dalam membuat media tanam organik tentu saja penggunaan kompos atau humus ini sangat penting, bisa juga menggunakan pupuk kandang atau bisa juga diganti dengan pupuk hijau. Untuk pupuk kandang usahakan menggunakan pupuk kandang yang benar-benar sudah matang.

  • Arang sekam / sabut kelapa

Arang sekam adalah hasil pembakaran dari sekam padi yang tidak sempurna. Penggunaan bahan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas porositas tanah. Selain itu penggunaan aram sekam dalam pembuatan media tanam oranik ini sebagai menetralisir keasaman tanah, menetralisir racun, meningkatkan daya ikat tanah terhadap air, merangsang pertumbuhan mikroba yang menguntungkan bagi tanaman, menjadikan tanah gembur sehingga memperbaiki drainase dan aerasi tanah. Untuk proses pembuatan arang sekam bisa dibaca di artikel ini “membuat arang sekam

Cara Membuat Media Tanam Organik

Untuk cara membuat media tanam organik ini cukup mudah, tinggal mencampur bahan bahan diatas dengan komposisi 2:1:1 (2 tanah, 1 kompos dan 1 arang sekam). Jika tanah yang digunakan tidak mengandung pasir bisa ditambah pasir. Komposisi tersebut bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Maka dari pada itu media tanam sebaikanya disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan dan lingkungan setempat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here